Salin Artikel

Massa Rusak Rumah Dinas Bupati Yahukimo, Diduga Protes Pergantian Kepala Distrik

JAYAPURA, KOMPAS.com - Massa merusak rumah dinas Bupati Yahukimo dan membakar satu rumah warga yang berada di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua.

Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal menjelaskan, peristiwa tersebut diduga karena adanya isu pergantian Kepala Distrik Anaboin.

Massa yang kecewa karena merasa proses pergantian tersebut dilakukan oleh oknum warga, mereka kemudian mendatangi rumah bupati.

"Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (23/7/2021), pukul 09.10 Wita. Kelompok Masyarakat tiba di kediaman Bupati Kabupaten Yahukimo untuk menanyakan terkait Pergantian kepala distrik, namun tiba-tiba kelompok masyarakat tersebut melakukan pengrusakan dengan cara melempari kaca rumah kediaman Bupati Yahukimo," ujar Kamal melalui keterangan tertulis, Sabtu (24/7/2021).

Tidak sampai di situ, massa juga membakar rumah warga yang mereka duga menjadi penyebab terjadinya pergantian kepala distrik.

Selain itu, rumah milik seorang pendeta juga ikut dirusak massa.

Anggota Polres Yahukimo dan Brimob BKO Polda Papua tiba di kediaman Bupati Yahukimo pukul 09.15 Wita.

Petugas juga menangkap orang-orang yang melakukan perusakan tersebut.

"Atas kejadian tersebut Polres Yahukimo mengamankan sebanyak sembilan orang masyarakat dan saat ini masih dalam pemeriksaan intensif penyidik Polres Yahukimo," kata dia.

Kamal memastikan, secara keseluruhan situasi keamanan di Yahukimo cukup kondusif pasca aksi tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/24/124823378/massa-rusak-rumah-dinas-bupati-yahukimo-diduga-protes-pergantian-kepala

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke