Salin Artikel

Dibantu Pupuk Kujang, Karawang Targetkan Periksa 2.000 Sampel Swab Per Hari

Bantuan itu diharapkan dapat mempercepat tes, tracing dan perawatan bagi pasien Covid-19 di Karawang.

Direktur Utama Pupuk Kujang Maryadi mengatakan, lab BSL II bakal dibangun sesuai standar ketentuan WHO.

Pembangunannya pun menerapkan standar tinggi dalam rancang bangun.

"Laboratorium BSL tersebut akan dilengkapi dengan alat biosafety cabinet untuk menunjang tes PCR. Dengan alat tersebut, lingkungan RSUD dan tenaga medis akan lebih terlindungi dari potensi terpapar virus corona," ujar Maryadi saat penyerahkan secara simbolis bantuan Pupuk Kujang di RSUD Karawang, Jumat (23/7/2021).

Maryadi menyebutkan, bantuan alat tersebut sebagai bentuk komitmen Pupuk Kujang dalam upaya percepatan pengentasan pandemi virus corona.

“Mudah-mudahan alat ini bisa memperkuat RSUD Karawang dalam melakukan tracing, testing dan treatment. Ini merupakan bentuk sinergi antara kami dengan pemerintah daerah dalam pengentasan wabah corona,” kata dia.

Perusahaan pupuk ini juga menghibahkan biosafety cabinet atau kabinet keamanan biologis.

Bantuan itu menyusul dari yang telah diberikan sebelumnya.

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan, bantuan laboratorium BSL II dan biosafety cabinet akan sangat menunjang 3T yang digencarkan Pemkab Karawang.

Ia pun mengucapkan terima kasih.

Cellica menyebutkan, saat ini dengan alat yang ada, Pemkab Karawang bisa melakukan tracing dan testing kepada 5.000 orang setiap minggu.

Dengan bantuan dari Pupuk Kujang, Cellica mengaku optimistis bisa melakukan mengetes 2.000 orang per hari.

"Meski tracing dan testing kita sudah di atas target, tapi kami masih perlu penguatan infrastruktur PCR. Sebab, di Karawang ini ada klaster industri, sehingga testing akan kami perbanyak supaya kami cepat menentukan mitigasi yang harus kami lakukan," kata Cellica.

Senada dengan Cellica, Pelaksana tugas (Plt) Direktur RSUD Karawang Fitra Hergyana optimistis laboratorium BSL dan biosafety cabinet dari Pupuk Kujang bisa memperkuat proses 3T di Karawang.

“Mudah-mudahan dengan bantuan ini,target pemeriksaan 10.000 tes PCR per hari di Indonesia cepat tercapai,” kata Fitra.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/23/162818478/dibantu-pupuk-kujang-karawang-targetkan-periksa-2000-sampel-swab-per-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke