Salin Artikel

"Jika Ada Kerumunan Penonton Saat Pemotongan Hewan Kurban, Kami Akan Bubarkan!"

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan, salah satu upaya yang akan dilakukan adalah menindak penonton hingga panitia ketika pemotongan hewan kurban menjadi tontonan warga dan menimbulkan kerumunan.

"Pada hari H Idul Adha besok, Satgas Covid-19 akan mobile ke lapangan. Bila mana ditemukan adanya kerumunan penonton saat pemotongan hewan kurban, kami akan langsung bubarkan!" ujar Dony kepada Kompas.com di Induk Pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang, Senin (19/7/2021).

Dony menuturkan, untuk mencegah hal tersebut, berbagai imbauan telah disampaikan ke tiap Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di seluruh wilayah Kabupaten Sumedang.

Imbauan tersebut meliputi saran agar panitia kurban di tiap wilayah melakukan pemotongan hewan di rumah pemotongan hewan di kecamatan masing-masing.

Hari pelaksanaan pemotongan hewan kurban juga harus diatur.


Pemotongan tidak hanya dilaksanakan pada hari H Idul Adha, tetapi juga bisa dilaksanakan hingga empat hari.

Selain itu, warga juga diminta untuk shalat Idul Adha di rumah.

"Jadi bukan tidak ada ya, tapi shalat di rumah saja. Tidak berjemaah di masjid atau lapangan terbuka. Jadi di masjid tidak ada shalat Idul Adha," ujar Dony.

Satgas Covid-19 juga telah melarang warga untuk melakukan takbir keliling.

Dony mengatakan, berbagai regulasi meliputi aturan PPKM Darurat, Surat Edaran Menteri Agama, hingga regulasi yang dikeluarkan Pemkab Sumedang akan diterapkan secara tegas.

"Berbagai regulasi termasuk surat edaran Menteri Agama terkait anjuran dan arahan mengenai Idul Adha ini kami sampaikan hingga ke tingkat desa dan DKM di wilayah desa masing-masing untuk dilaksanakan secara sungguh-sungguh. Sehingga Sumedang bisa terhindar dari klaster baru penyebaran Covid-19 pada Idul Adha kali ini," kata Dony. 

https://regional.kompas.com/read/2021/07/19/123414778/jika-ada-kerumunan-penonton-saat-pemotongan-hewan-kurban-kami-akan-bubarkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke