Salin Artikel

Dipilih Langsung dari Peternak Lokal, Sapi Kurban Jokowi di Riau Bobotnya Hampir 1 Ton

PEKANBARU, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali berkurban untuk Provinsi Riau. Hewan kurban itu diketahui telah dibeli dari peternak sapi di Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau, Rahmat Setiyawan mengatakan, sapi kurban dari Jokowi jenis Limousin berbobot 891,55 Kilogram.

"Sapi jantan ini milik peternak asal Kabupaten Bengkalis, terpilih menjadi sapi kurban Presiden Joko Widodo di Riau," ujar Rahmat dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (13/7/2021).

Saat ini, kata dia, sapi tersebut sudah berada di penampungan yang ada di Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru.

Dia menyebutkan, untuk mencari sapi kurban untuk Presiden itu, pihaknya mendampingi tim dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian.

Hingga, sapi yang dipilih adalah milik peternak lokal asal Bengkalis.

"Sapi kurban bantuan Presiden jenis Limousin seberat 891,55 kilogram. Sapi tersebut milik Hasan Basri, peternak di Desa Kelapa Pati, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis," kata Rahmat.

Setelah mendapat sapi kurban Presiden tersebut, lanjut dia, pihaknya menyampaikan ke Kementerian Pertanian melalui Direktur Pembibitan dan Produksi, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan. 


"Suratnya sudah kita tandatangani. Itu surat penetapan oleh Presiden melalui Kementerian Pertanian," ujar Rahmat.

Dia juga menyebutkan, tahun lalu sapi kurban Presiden untuk Riau berbobot 897 kilogram berjenis persilangan antara sapi Brahman dan Angus.

Sapi kurban Presiden tersebut akan disembelih di Masjid Raya Annur di Pekanbaru.

"Tahun lalu sapi kurban Presiden saat penyembelihan langsung disaksikan oleh Pak Gubernur," tambah Rahmat.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/13/141055578/dipilih-langsung-dari-peternak-lokal-sapi-kurban-jokowi-di-riau-bobotnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke