Salin Artikel

Kakak Adik Kena Penyakit Kulit Aneh, Tubuh Penuh Luka sampai Jari Kaki Habis, Gubernur Sumut Duga akibat Limbah Merkuri

Edy menduga, limbah merkuri tambang emaslah yang menyebabkan dua bocah asal Mandailing Natal yang dijenguknya, Haikal dan Zakira, menderita penyakit kulit aneh.

Edy menyebutkan, tak jauh dari tempat tinggal dua bocah malang itu, terdapat lokasi penambangan emas masyarakat.

"Kalau kita lihat dari posisi desanya, itu atasnya ada penambang emas," kata Edy di kantornya, Senin (5/7/2021).

Haikal dan Zakira, sebelumnya dijenguk Edy pada hari Minggu kemarin. Jika dugaan Edy benar, kedua bocah itu bukanlah korban pertama.

Sebelumnya, beberapa anak di sana terlahir dalam kondisi cacat permanen, bahkan ada yang lahir tanpa batok kepala.

Dua bocah kakak adik itu awalnya terlahir sempurna. Namun, penyakit kulit mulai mendera mereka saat masih bayi.

Saat ini, kondisi Haikal dan Zakira makin parah. Penuh luka di sekujur tubuh, jari kaki habis dan kaki mereka mengarah jadi puntung.

Dugaan soal limbah merkuri di Mandailing Natal harus dibuktikan

Menurut Edy, dugaan soal limbah merkuri tersebut harus dibuktikan. Saat ini, Haikal dan Zakira sudah dibawa ke Rumah Sakit Haji.

Tim dokter yang dibentuk Edy akan mengecek kondisi keduanya, termasuk mencari tahu penyebab pasti dari penyakit yang mendera mereka.

"Kemungkinan ada sesuatu, itu alternatif. Kedua, kemungkinan genetik. Kalau genetik, orangtuanya duanya sempurna tidak ada apa-apa. Ini yang akan kita pastikan ada apa sehingga kita bisa ambil langkah-langkah penyembuhan," jelas Edy.

Pemprov Sumut juga tengah menggodok lapangan kerja alternatif untuk warga.

"Yang mau bertani kita siapkan pertanian, yang mau beternak kita siapkan peternakan, yang mau perikanan kita siapkan. Itu dalam kondisi kita mengajak masyarakat, karena tambang menggunakan merkuri itu membahayakan, dan buktinya sudah banyak," pungkas Edy.

Sebelumnya, dua bocah malang itu diboyong Ibu mereka dari Mandailing Natal ke Medan untuk mencari bantuan. Orangtua mereka kekurangan biaya untuk perobatan di tengah kondisi yang semakin memburuk.

Kemudian, Edy dan istrinya, Nawal Lubis mengunjungi dua bocah itu pada hari Minggu kemarin. Tim medis langsung dibentuk. Keduanya juga telah dibawa ke RS Haji.

Gubernur Edy juga memastikan, biaya pengobatan keduanya gratis.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/05/151851978/kakak-adik-kena-penyakit-kulit-aneh-tubuh-penuh-luka-sampai-jari-kaki-habis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke