Salin Artikel

Pasokan Oksigen Tiba di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Dirut RS: Kami Berharap ke Depan Lancar

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Pasokan oksigen untuk RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta tiba pada Minggu (4/7/2021) dini hari.

Saat ini, oksigen untuk menyuplai kebutuhan pasien di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta sudah kembali menggunakan oksigen central.

Direktur Utama RSUP Dr Sardjito Rukmono Siswishanto mengatakan, truk pertama yang membawa oksigen likuid tiba pada pukul 03.40 WIB.

"Truk oksigen likuid pertama masuk dan mengisi tabung utama, sehingga oksigen central sudah berfungsi kembali," ujar Rukmono dalam keterangan tertulis, Minggu (4/7/2021).

Truk kedua yang membawa oksigen likuid kemudian menyusul tiba di RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Truk kedua tiba pada pukul 04.45 WIB dan langsung mengisi tangki central oksigen.

"Pelayanan untuk sementara sudah menggunakan oksigen central kembali. Kami berharap ke depan oksigen ini terus lancar dipasok oleh penyedia oksigen untuk memenuhi perawatan bagi pasien yang membutuhkan," ucapnya.

Rukmono menyampaikan, saat ini RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta telah menyediakan bed untuk pasien Covid-19 secara optimal sebanyak 35 persen dari total tempat tidur.

Pasien yang datang jauh lebih banyak dari kemampuan daya tampung rumah sakit.

Pihaknya telah melakukan langkah antisipasi optimal dengan berkoordinasi dengan Dinkes DIY, Persi DIY, seluruh RS di DIY, penyedia oksigen dan aparat TNI/Polri.

"Penghematan seoptimal mungkin terhadap penggunaan oksigen telah dilakukan pula, namun karena pandemi ini melanda seluruh negeri dan semua membutuhkan oksigen pasokan oksigen menjadi terganggu," ungkapnya.

Rukmono mengimbau agar seluruh warga masyarakat untuk mengikuti dan mematuhi PPKM Darurat. Sehingga laju Covid-19 bisa ditekan.

"Tanpa peran masyarakat tentu saja pandemi ini sulit tertangani," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/04/125058978/pasokan-oksigen-tiba-di-rsup-dr-sardjito-yogyakarta-dirut-rs-kami-berharap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke