Salin Artikel

4 Kecamatan di Lamongan Zona Merah, Bupati: Kami Ketati PPKM Mikro

Kepastian ini didapat, setelah Kecamatan Brondong dan Paciran mengikuti jejak Lamongan Kota dan Kembangbahu.

Menurut data Satgas penanganan Covid-19 Lamongan, Rabu (30/7/2021) malam per pukul 19.00 WIB, selain empat kecamatan di zona merah tersebut, empat kecamatan lain termasuk dalam zona oranye yakni Babat, Ngimbang, Mantup dan Sukodadi.

Hanya satu kecamatan yang masih berada dalam zona hijau yakni, Sarirejo. Mayoritas dari 27 kecamatan di Lamongan, masuk dalam zona kuning.

"Sebenarnya kami juga akan melakukan vaksinasi pada nelayan, masih kami komunikasikan terkait jadwal dan sebagainya. Tapi khusus Paciran dan Brondong akan lebih kami ketati, khususnya di PPKM Mikro ini,” ujar Bupati Lamongan Yuhronur Efendi di sela agenda peninjauan vaksinasi di halaman Koramil Kota Lamongan, Kamis (1/7/2021).

Yuhronur yang melakukan peninjauan vaksinasi didampingi Dandim 0812 Lamongan Letkol Inf Sidik Wiyono menambahkan, telah mengeluarkan surat edaran mengenai penguatan dan pengetatan pelaksanaan PPKM Mikro di Lamongan pada 21 Juni 2021 lalu.

Surat itu sudah ditujukan kepada seluruh Camat dan juga para Kepala Desa yang ada di Lamongan.

Namun seiring dengan pengumuman pemerintah pusat memberlakukan PPKM Darurat Jawa-Bali pada tanggal 3 hingga 20 Juli 2021 mendatang, maka Pemkab Lamongan masih menunggu instruksi dan petunjuk lebih lanjut dari pemerintah pusat. 

Kendati demikian, Yuhronur memastikan, untuk pelayanan publik di Lamongan tidak akan terganggu meski dilaksanakan PPKM Mikro dan sistem WFH (work from home).

Terlebih, saat ini kemajuan teknologi sudah sangat modern dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

"Kami sudah mulai WFH 50 persen, tapi pejabat eselon dan bidang pelayanan tidak kami perbolehkan WFH. Yang pasti pelayanan publik tidak terhambat, apalagi sekarang sudah berbasis digital dan bisa dikomunikasikan melalui jaringan,” kata Yuhronur.

Di satu sisi, Pemkab Lamongan juga terus berusaha memenuhi keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rangka mempercepat agenda vaksinasi.

Di mana Presiden Jokowi menargetkan, pelaksanaan 1 juta dosis dapat direalisasikan per hari mulai awal Bulan Juli ini, guna mempercepat herd immunity di Indonesia.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/01/165559678/4-kecamatan-di-lamongan-zona-merah-bupati-kami-ketati-ppkm-mikro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke