Salin Artikel

Taman, Tahura, dan Kebun Raya Mangrove di Surabaya Ditutup Sementara

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya, Anna Fajriatin memastikan semua taman di Kota Surabaya ditutup sejak beberapa waktu lalu.

Sebab, lonjakan kasus Covid-19 di Surabaya semakin mengkhawatirkan.

"Jadi, semua taman seluruh Surabaya kami tutup sementara sampai dengan waktu yang tidak ditentukan. Nanti kami evaluasi lagi," kata Anna dikonfirmasi, Kamis (1/7/2021).

Sebelumnya, ada delapan taman yang dibuka selama pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan ketat dan pembatasan pengunjung.

Namun, karena kasus Covid-19 di Surabaya semakin mengkhawatirkan, akhirnya semua taman di Surabaya ditutup sementara.

"Mohon maaf kepada warga Surabaya, ini demi kemanan dan kesehatan bersama. Mari kita berdoa supaya Covid-19 ini cepat selesai," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Yuniarto Herlambang memastikan Tahura dan Kebun Raya Mangrove ditutup sejak awal pekan ini.

Sebanyak 12 tahura dan tiga KRM sudah tidak beroperasi demi menekan penyebaran Covid-19.

"Sebenarnya, Tahura dan Kebun Raya Mangrove ini sempat beroperasi di awal tahun ini, bahkan antusiasme pengunjung juga tinggi. Namun, karena Covid-19 semakin meningkat, kami tidak ada pilihan lain selain menutup Tahura dan Kebun Raya Mangrove ini," kata Herlambang.


Sebelum penutupan, DKPP telah menyosialisasikan hal tersebut lewat spanduk yang dipasang di depan Tahura dan KRM serta media sosial.

"Penutupan ini sampai dengan batas waktu yang tidak bisa ditentukan, karena kami akan melihat dulu perkembangan kasus Covid-19 di Surabaya," tutur dia.

Oleh karena itu, ia juga memastikan momen penutupan sementara itu akan digunakan sebaik mungkin untuk melakukan perbaikan.

Bahkan, ia mengaku akan menambah fasilitas di tiga Tahura, yaitu di Tahura Jeruk, Pakal, dan Balasklumprik.

"Nanti akan kami tambah tempat istirahat dan jogging tracknya," ujar dia.

Sejak awal pandemi hingga Rabu (30/6/2021), tercatat ada 25.397 warga yang dinyatakan positif Covid-19 di Surabaya. Riciannya, 23.381 orang sembuh, 1.399 pasien meninggal, dan 617 pasien dirawat.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/01/105529078/taman-tahura-dan-kebun-raya-mangrove-di-surabaya-ditutup-sementara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke