Salin Artikel

BOR RSUD Sumedang Penuh, Nakes Kewalahan Tangani Pasien Covid-19

SUMEDANG, KOMPAS.com - Tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) untuk pasien Covid-19 di RSUD Sumedang, Jawa Barat sudah terisi penuh.

Bahkan, sebanyak 20 pasien Covid-19 harus menunggu untuk mendapatkan perawatan per Rabu (30/6/2021) ini.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengatakan, saat ini tempat tidur di RSUD Sumedang sudah terisi penuh oleh pasien Covid-19.

Selain itu, banyak tenaga medis (Nakes) di Sumedang yang terpapar Covid-19. Sehingga, membuat kewalahan para petugas.

"Nakes sudah kewalahan. Banyak tenaga medis yang terpapar Covid-19 dan keterbatasan kamar," ujar Dony kepada Kompas.com melalui WhatsApp, Rabu.

Dony menuturkan, hal itu dalam mengatasinya diperlukan upaya serius dalam menekan penyebaran Covid-19 di tiap desa dan kecamatan, sehingga kasus baru tak terus bertambah.

Saat ini, kata Dony, jumlah kasus baru Covid-19 rata-rata per hari di Sumedang sebanyak 70 orang dan kasus aktif harian lebih dari 200 orang.

Selain itu, hampir setiap hari ada laporan kematian akibat Covid-19.

"Upaya yang harus dilakukan adalah mengatasi permasalahan dari hulunya. Yaitu di desa dan kecamatan. Caranya dengan menekan penyebaran Covid-19, sehingga tidak ada lagi tambahan pasien," tutur Dony.

Dony menyebutkan, kerja sama dan kesungguhan semua lapisan masyarakat, termasuk para aparatus sipil negara (ASN), diperlukan untuk mengatasi Covid-19 dari hulunya.


Menurutnya, cara yang dapat dilakukan dengan bersama-sama disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menegakkan hukum bagi para pelanggarnya.

"Saya harap seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) bisa menyampaikan kepada karyawannya masing-masing untuk menjadi teladan di lingkungannya masing-masing dalam menerapkan protokol kesehatan," sebut Dony.

Dony menambahkan, saat ini pemerintah juga terus melakukan berbagai upaya dalam penanganan Covid-19.

Di antaranya, dengan menambah tempat tidur di rumah sakit, fasilitas kesehatan, oksigen, dan obat-obatan.

"Termasuk untuk mengurai kepadatan pasien di rumah sakit, kami buat Rumah Titirah Simpati. Yaitu rumah singgah untuk pasien yang hampir pulih, sehingga rumah sakit tidak terlalu penuh," kata Dony.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/30/200312678/bor-rsud-sumedang-penuh-nakes-kewalahan-tangani-pasien-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke