Salin Artikel

5 Pegawai Disdukcapil Gunungkidul Positif Covid-19, Pelayanan Dialihkan ke Daring

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Gunungkidul, DI Yogyakarta, mengalihkan layanan administrasi ke bentuk daring atau online.

Hal ini karena sebanyak lima pegawai terkonfirmasi positif Covid-19.

"Hampir semua layanan tatap muka kami tutup mulai hari ini. Sebab, yang masih bisa dilayani hanya kepentingan legislasi dan surat keterangan untuk kepentingan khusus," kata Kepala Disdukcapil Gunungkidul Markus Tri Munarjo saat dihubungi wartawan, Senin (28/6/2021).

Masyarakat bisa mengakses layanan pencatatan kelahiran bisa menghubungi nomor 08112649092.

Sedangkan untuk pengurusan pencatatan perkawinan, perceraian dan kematian menangkses ke 08112649093.

Untuk layanan Kartu Keluarga, KTP elektronik, perubahan biodata dan kepenindahan penduduk bisa menghubungi 08112649097.

Masyarakat bisa mengakses secara daring dengan melengkapi syarat untuk pengajuan administrasi kependudukan sebelum mengakses nomor yang dituju.

"Semua berkas harus dalam format foto. Nantinya akan ada petugas yang melakukan verifikasi terhadap berkas yang diajukan," kata Markus

Selain di Kantor Didukcapil pihaknya juga menutup pelayanan di Mal pelayanan Publik di Terminal Dhaksinarga. Hal ini karena keterbatasan personel.

"Pengambilan dokumen, kami sarankan untuk cetak mandiri. Tapi, kalau mau ambil ke disdukcapil baru dilayani mulai 6 Juli mendatang," kata Markus.

Selain kantor Disdukcapil, kantor Kalurahan Pulutan ditutup sementara karena salah satu pamongnya terkonfirmasi positif.

Lurah Pulutan, Rusmiyanto mengatakan, ada 18 pamong yang kontak dengan pasien positif sehingga dilakukan pegetesan

"Saya ikut yang dites. Rencananya penutupan dilakukan hingga hasil tes keluar. Sambil menunggu hasil tes keluar, kami akan menjalani isolasi mandiri," kata Rusmiyanto.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/28/184435178/5-pegawai-disdukcapil-gunungkidul-positif-covid-19-pelayanan-dialihkan-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke