Salin Artikel

40 Orang Terpapar Covid-19, Satu Desa di Lembata NTT Di-lockdown

Sebanyak 40 warga dilaporkan positif Covid-19 berdasarkan hasil rapid test antigen, pada Kamis, 25 Juni 2021.

Karena peningkatan jumlah kasus yang begitu tinggi, Pemda Lembata langsung memutuskan menutup akses keluar masuk desa tersebut sejak Kamis.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata, Mathias Beyeng menjelaskan, meledaknya angka kasus Covid-19 di desa Belobatang itu berawal dari satu pelaku perjalanan yang positif rapid test antigen.

Setelah di-tracing, pelaku perjalanan itu sudah melakukan kontak erat dengan lebih kurang 300 orang.

"Setelah kami melakukan tracing terhadap 100 orang dan ditemukan sebanyak 40 orang dinyatakan positif," ungkap Kadis Matias Beyeng, kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Jumat siang.

Pemilahan, terang dia, perlu dilakukan untuk mengetahui mana yang perlu menjalani isolasi mandiri dan yang memiliki gejala.

Mereka yang memiliki gejala langsung menjalani isolasi terpusat di RSUD Lewoleba.

Sedangkan, yang gejala ringan dan tidak bergejala diminta menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Karena perkembangan kasus demikian tinggi, maka Dinkes Kabupaten Lembata mulai Jumat sampai dua Minggu kedepan akan melaksanakan tracing dan testing di seluruh Lembata, khususnya di Kecamatan Nubatukan," terangnya.

“Senin baru mulai tracing dari kantor ke kantor di lingkup Pemkab Lembata. Sesuai surat dari Pemda, mulai hari ini seluruh kantor pemerintah melakukan desinfektan secara mandiri,” sambungnya.

Ia menambahkan, pada Kamis, 24 Juni 2021, tercatat sebanyak 91 orang dinyatakan positif Corona.

Sebanyak 91 orang yang terpapar virus corona itu tersebar di beberapa wilayah antara lain kecamatan Nubatukan 81 orang, Lebatukan 1 orang, Ile Ape 5 orang, Wulandoni 1 orang dan Omesuri 3 orang.

"Kamis 24 Juni 2021 kemarin ada 222 orang di rapid antigen. Ada 53 orang di kecamatan Nubatukan positif, paling banyak dari desa Belobatang, 40 orang," tambah dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/25/150035278/40-orang-terpapar-covid-19-satu-desa-di-lembata-ntt-di-lockdown

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke