Salin Artikel

Masuk Zona Blank Spot, 16 Sekolah SMA/SMK di Sumbar Gelar PPDB Offline

PADANG, KOMPAS.com - Sebanyak 16 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sumatera Barat (Sumbar) terpaksa melakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara offline.

Hal itu dikarenakan 16 sekolah itu berada di zona blank spot sehingga tidak tidak bisa melaksanakan PPDB secara online.

Adapun sekolah yang masuk dalam zona blank spot adalah sekolah yang berada pada daerah tempat tinggal calon murid yang tidak tersentuh zonasi PPDB dan tidak terdapat sekolah negeri di daerah tersebut. 

"Ada 16 SMA dan SMK di Sumbar yang melaksanakan PPDB secara offline karena daerahnya blank spot," kata Ketua PPDB Sumbar, Suindra yang dihubungi Kompas.com, Selasa (22/6/2021).

Suindra mengatakan sekolah tersebut berada di Kabupaten Kepulauan Mentawai sebanyak 11 SMA dan tiga SMK.

Kemudian, ada satu SMA di daerah Kecamatan Tigo Lurah, Kepulauan Mentawai dan satu SMA di Kecamatan Mapat Tunggul Selatan, Kabupaten Pasaman.

Menurut Suindra, pendaftaran secara offline hampir sama dengan online. 

"Kalau offline ini aturannya sama, bedanya pola pelayanan. Kalau online pakai aplikasi, tapi kalau offline pakai form atau lembar pendaftaran,” kata Suindra.

Kemudian kata Suindra, format surat yang diisi secara langsung dapat diantarkan ke sekolah yang dituju. 

"Pendaftarannya juga sama yaitu mulai 21 Juni hingga 7 Juli dengan empat empat jalur yang disediakan, yaitu zonasi dengan daya tampung 50 persen, afirmasi 15 persen, prestasi 30 persen, dan jalur perpindahan tugas orang tua dengan daya tampung hingga 5 persen," jelas Suindra.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/22/171453878/masuk-zona-blank-spot-16-sekolah-sma-smk-di-sumbar-gelar-ppdb-offline

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke