Salin Artikel

Seluruh DPC PDI-Perjuangan Jatim Sepakat Ajukan Puan sebagai Capres di Pilpres 2024

Sekretaris Dewan Pengurus Daerah (DPD) PDI-Perjuangan Jawa Timur Sri Untari Bisowarno mengatakan, 38 DPC PDI-Perjuangan mengusulkan Puan Maharani sebagai calon presiden.

"Jadi salah keputusan pentingnya adalah kami mengusulkan Ibu Puan Maharani untuk menjadi calon presiden Republik Indonesia dari PDI-Perjuangan," ujar Untari usai Rakerda, Senin petang (21/6/2021).

Untari mengatakan, keputusan itu diambil setelah seluruh DPC PDI-P menyampaikan usulan yang sama saat Rakerda di Gedung Kesenian, Kota Blitar.

"Semua DPC usulannya sama, termasuk empat DPC dari Pulau Madura yang hadir secara virtual karena pandemi," ujarnya.

Melalui rakerda tersebut, kata Untari, pengurus partai tingkat cabang yang memiliki latar belakang budaya berbeda telah sepakat dengan pilihan itu.

"Keputusan ini didasarkan dari 'floor'. Seluruh daerah karakter budaya Arek, Madura, Mataraman, Tapal Kuda, dan Pantura semuanya mengusulkan Ibu Puan," ujarnya.

DPD PDI-Perjuangan Jawa Timur akan membawa usulan itu ke rapat kerja nasional PDI-Perjuangan yang digelar pada Agustus 2021.

Menurut Untari, meski seluruh DPC PDI Perjuangan bulat mengusulkan Puan Maharani sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024, keputusan terakhir akan diserahkan kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Untari mengatakan, DPD PDI-Perjuangan Jawa Timur tetap menarima siapa pun kandidat yagn ditunjuk Megawati.

"Siapa pun nanti yang ditunjuk Ibu Ketum, kami siap menerima, tapi kami usulkan Ibu Puan," ujarnya.

Untari mengatakan, Ketua Umum PDI Perjuangan memiliki hak prerogatif sebagai pengambil keputusan tertinggi partai untuk memilih calon presiden yang diusung.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/21/205042378/seluruh-dpc-pdi-perjuangan-jatim-sepakat-ajukan-puan-sebagai-capres-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke