Salin Artikel

95 Karyawan Pabrik di Karanganyar Positif Covid-19, Berawal Seorang Tertular dari Keluarga

Mereka tertular dari salah satu karyawan setelah ada anggota keluarganya yang sakit positif terinfeksi virus corona.

"Awalnya ada karyawan yang kerja di situ ada keluarganya yang sakit di-swab. Tetapi karyawan itu masih masuk kerja," kata Kepala Desa Jaten, Harga Satata, saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (21/6/2021).

Setelah hasil pemeriksaan anggota keluarganya tersebut keluar positif, karyawan pabrik tersebut tidak masuk kerja.

Namun, selama menunggu hasil pemeriksaan PCR anggota keluarganya, karyawan itu sudah berkontak dengan orang lain di pabrik tesebut.

"Karyawan itu tidak masuk kerja ditanya sama pihak (manajemen) pabrik. Ternyata keluarganya ada yang positif," ungkap dia.

Mengetahui ada salah satu anggota keluarga karyawan positif, akhirnya manajemen bersama Satgas Penanganan Covid-19 Karanganyar melakukan tracing kontak.

Menurut dia ada sebanyak 700 karyawan pabrik tersebut yang diperiksa dengan rapid test antigen dan hasilnya ada 95 orang dinyatakan hasilnya positif.

"Kasus pertama positif itu ditemukan Senin (14/6/2021). Terus ditracing dilakukan berkala sampai Minggu kemarin ada 700 orang yang di-swab yang positif 95 orang," kata Satata.


Satgas Desa telah mengambil tindakan untuk memutus penyebaran virus corona dengan meliburkan sementara aktivitas pabrik selama 10 hari ke depan.

Pihaknya juga meminta karyawan positif yang tinggal di rumah sewa atau indekos sekitar pabrik agar tidak pergi atau keluar ke mana-mana.

"Ada 11 orang karyawan yang tinggal indekos sekitar pabrik positif kita minta untuk melaksanakan isolasi mandiri. Semua kebutuhan mereka ditanggung oleh perusahaan," kata dia.

Terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar, Purwanti menambahkan, pihaknya saat ini meminta puskesmas untuk meminta data karyawan pabrik yang terkonfirmasi Covid-19.

Pasalnya, perusahaan hanya memberikan data jumlah karyawan yang positif Covid-19. Sehingga pihaknya tidak tahu karyawan itu warga Karanganyar atau bukan.

"Karena pabrik itu karyawannya dari mana-mana. Walaupun di Karanganyar apakah yang terkonfirmasi warga Karanganya kita belum tahu," katanya.

"Saat ini kami baru suruh ngecek. Karena pabrik itu baru memberikan jumlah tidak memberikan nama sehingga kita tidak tahu siapa saja yang terkonfirmasi. Puskesmas saya suruh koordinasi dengan Satgas Desa untuk meminta by name-nya," sambung dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/21/170744378/95-karyawan-pabrik-di-karanganyar-positif-covid-19-berawal-seorang-tertular

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke