Salin Artikel

Kehilangan Indera Penciuman, Ini Kronologi Puluhan Pegawai Dispar Kulon Progo Terkena Covid-19

KULON PROGO, KOMPAS.com – Klaster perkantoran pada Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, diketahui menular hingga keluarga.

Klaster tersebut tercatat sebanyak 45 orang terkonfirmasi positif, yang terdiri dari 30 pegawai Dispar dan 15 anggota keluarga mereka

Sementara itu, tracing pada kontak erat maupun anggota keluarga yang tertular masih berlangsung hingga kini. Sebagian besar masih menunggu hasil swab.

Klaster kantor di Dispar Kabupaten Kulon Progo berawal dari pegawai yang keluhkan alami kehilangan indera penciuman atau juga dikenal sebagai anosmia.

Lantas, pegawai tersebut kemudian melakukan tes mandiri rapid antigen dan dinyatakan hasilnya positif Covid-19.

Penyelidikan epidemiologi pun dilakukan, sejak diketahui salah satu pegawai di kantor tersebut terkonfirmasi positif.

Akhirnya pada Rabu (16/6/2021), Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo mengumumkan terdapat 19 terkonfirmasi positif, di antara ratusan pegawai di Dispar Kabupaten Kulon Progo.

Kemudian sejumlah 25 orang yang menjadi kontak erat (keluarga) juga terkonfirmasi positif. Mereka tidak menunjukkan gejala berat dan menjalani isolasi mandiri.

Lalu, Gugus Tugas kembali mengungkapkan perkembangan penyelidikan epidemiologi dari klaster kantor tersebut pada Minggu (20/6/2021).


Hasilnya, penularan positif Covid-19 ternyata sudah menjangkit hingga 30 pegawai dari ratusan pegawai yang ada.

“Total menjadi 45 kasus yang berasal dari pegawai dinas pariwisata dan keluarganya,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, TH Baning Rahayujati dalam pesan videonya.

Adapun kontak erat pegawai dispar dengan keluarganya mencapai 72 orang.

“Sebanyak 15 anggota keluarga pegawai diketahui positif, kemudian 15 orang negatif, sisanya masih menunggu hasil tes swab,” kata Baning.

Kendati demikian, Baning mengungkapkan tidak mudah menemukan asal penularan Covid-19, lantaran kegiatan dalam perkantoran, seperti Dispar Kulon Progo terbilang sangat padat.

Dispar Kabupaten Kulon Progo pun sempat menutup layanan selama satu pekan karena kondisi tersebut.

“Rencana, Senin (21/6/2021) dinas pariwisata mulai membuka pelayan, yang dilakukan oleh pegawai dengan hasil negatif,” kata Baning.

Perkembangan dari klaster perkantoran tersebut, turut menyumbang catatan kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kulon Progo sejak pandemi dimulai sebanyak 7.000 kasus, dan kasus positif aktif sebanyak 900 kasus.

(Penulis Kontributor Yogyakarta, Dani Julius Zebua | Editor I Kadek Wira Aditya)

https://regional.kompas.com/read/2021/06/20/163645478/kehilangan-indera-penciuman-ini-kronologi-puluhan-pegawai-dispar-kulon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke