Salin Artikel

26 Naskah Pidato Bung Karno Saat Terima Gelar Doktor Honoris Causa Dikumpulkan, Ini Tujuannya

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengatakan, ada 26 perguruan tinggi yang memberikan gelar doktor honoris causa kepada Bung Karno.

Puluhan perguruan tinggi itu tersebar di sejumlah negara di dunia.

"Ada Michigan (Michigan University), Warsawa (Warsaw University), Brazil (Brazil University), Istambul (Istambul University) dan sebagainya," ujar Syarif kepada Kompas.com di sela kunjungannya ke Perpustakaan Bung Karno, Jumat (18/6/2021).

Naskah pidato itu dikumpulkan untuk menyebarkan pemahaman kepada masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda.

Sehingga, generasi muda tahu bahwa salah satu pendiri bangsa yang juga Presiden pertama Indonesia itu bukan hanya negarawan ulung, tetapi juga intelektual dan pemikir.

Menurut Syarif, generasi muda Indonesia harus tahu pernah memiliki seorang pemimpin yang pidatonya dihargai, dikagumi, dan diakui secara akademik oleh perguruan tinggi ternama, tidak hanya dari dalam negeri tapi juga dari seluruh dunia.

Gelar doktor honoris causa yang diterima Bung Karno pun terdiri dari beragam disiplin ilmu, seperti, teknik, sosial, hukum, filsafat, agama dan lainnya.

Gelar tersebut diberikan kepada Sang Proklamator yang juga berjuluk Putra Sang Fajar itu dalam kurun waktu 1951-1965.


"Nah, saya ke sini, karena kami akan merapatkan ini, bagaimana mengumpulkan 26 naskah pidato tersebut. Kemarin, Ibu Rachmawati Soekarnoputri sudah menyerahkan daftar 26 honoris causa itu ke sini," ujarnya.

Dipajang di gedung teater

Syarif mengatakan, naskah pidato Bung Karno saat menerima gelar akademik kehormatan itu kelak akan dipajang sebagai tambahan koleksi perpustakaan Bung Karno di Blitar.

Naskah pidato itu, tambahnya, akan diletakkan di Gedung Teater Perpustakaan yang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

"Teater itu nanti juga akan menjadi ajang perlombaan anak-anak milenial Indonesia dari Sabang sampai Merauke sebagai upaya membangun, terutama, kesadaran nasionalisme," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/18/180359278/26-naskah-pidato-bung-karno-saat-terima-gelar-doktor-honoris-causa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke