Salin Artikel

56 Pengungsi Korban Tanah Longsor di Cianjur Terpapar Covid-19, Tinggal di Tempat yang Sama

Mereka terkonfirmasi positif Covid-19 berawal dari hasil tes rapid antigen.

Camat Cibeber Ali Akbar menjelaskan, ada 56 orang yang terpapar dan telah dipisahkan dari pengungsi lain untuk menjalani isolasi mandiri.

"Bermula dari seorang pengungsi yang mengeluhkan anosmia. Lantas diperiksa oleh petugas medis puskesmas dan di tes antigen. Hasilnya ternyata positif," kata Ali saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/6/2021).

Pihak puskesmas, kata Ali, selanjutnya melakukan tracing atau pelacakan kontak erat dan tes swab antigen terhadap 96 orang pengungsi lainnya, termasuk kepada sembilan orang relawan.

"Hasilnya, sebanyak 56 orang pengungsi terkonfirmasi positif corona," ujar dia.


Warga yang terpapar merupakan korban bencana tanah longsor yang sedang mengungsi di sebuah madrasah tak jauh dari lokasi bencana.

"Saat ini mereka yang terpapar sudah diisolasi di lantai dua madrasah yang menjadi lokasi pengungsian di bawah pengawasan ketat tim medis dan gugus tugas," ucap Ali.

Pihaknya telah berkordinasi dengan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kabupaten untuk mengambil langkah-langkah pencegahan agar penyebarannya tidak terus meluas.

"Tracing masih terus dilakukan, termasuk kepada relawan maupun petugas yang sempat kontak dengan mereka selama di pengungsian," kata Ali.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/18/081449278/56-pengungsi-korban-tanah-longsor-di-cianjur-terpapar-covid-19-tinggal-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke