Salin Artikel

Soal Isu Prabowo-Puan di Pilpres 2024, Ini Tanggapan Rachmawati Soekarnoputri

Rachmawati yang merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu beralasan, pemilihan presiden masih jauh.

"Sementara, (karena) masih lama, no comment," ujarnya singkat usai berziarah ke Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kota Blitar, Kamis sore (17/6/2021).

Jawaban singkat itu dia sampaikan atas pertanyaan wartawan terkait peluang dari kemungkinan dipasangkannya Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan keponakannya yang juga Ketua DPR Puan Maharani.

Rachmawati, yang pada masa akhir periode pertama pemerintahan Presiden Jokowi sering melontarkan kritik keras kepada pemerintah itu kembali menjawab singkat.

"No comment," jawabnya.

Saat wartawan meminta Rachmawati memberikan penilaian pada situasi pemerintahan periode kedua Presiden Jokowi, khususnya dalam penanganan kasus korupsi, Rachmawati bungkam dan beranjak pergi dengan kursi rodanya meninggalkan lokasi.

Berbeda dari biasanya, kali ini adik Megawati ini melakukan ziarah ke Makam Bung Karno dengan upacara kemiliteran yang dipimpin oleh Kaposahli Pangdam V / Brawijaya Brigjen TNI Bagus Budianto.

Mengenakan baret POM AD warna biru, Rachmawati yang juga duduk di Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Gerindra itu tiba di kompleks Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit sekitar pukul 15.15 WIB.

Menggunakan kursi roda, usai ziarah Rachmawati menyempatkan diri mengunjungi Perpustakaan Nasional Bung Karno yang terletak di satu kompleks dengan Makam Bung Karno.

"Kebetulan, ini berkaitan dengan HUT POMAD (hari ulang tahun polisi militer TNI-AD) tanggal 22 nanti jadi sekalian berziarah bareng ke sini," ujarnya kepada wartawan seusai ziarah, Kamis sore (17/6/2021).

Rachmawati mengatakan, karena masih dalam situasi pandemi, dirinya tidak akan bisa menghadiri Haul Bung Karno di Kota Blitar pada 21 Juni nanti.

"Saya sejak tahun 1970-an setiap tahun, setiap Haul, saya selalu ke sini. Tapi ini masih pandemi begini," ujarnya.

Rachmawati menampik jika kehadiran sejumlah pejabat TNI Angkatan Darat pada acara ziarah itu berkaitan dengan posisi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Sebelum berziarah ke Makam Bung Karno, Rachmawati juga mengunjungi patung Bung Karno di Stasiun Kereta Api Blitar. 

https://regional.kompas.com/read/2021/06/17/214604378/soal-isu-prabowo-puan-di-pilpres-2024-ini-tanggapan-rachmawati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke