Salin Artikel

Ruang Covid-19 di RSUD Sumedang Penuh, Pasien Terpaksa Menunggu di Tempat Darurat

Ketua Bidang Informasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang Iwa Kuswaeri membenarkan informasi ini.

Iwa mengatakan, pasien Covid-19 yang dirawat di RSUD Sumedang sekitar 30 orang pada Rabu kemarin.

Sementara itu, terdapat 18 pasien positif Covid-19 yang harus menunggu di ruang emergency khusus di lantai 2 RSUD Sumedang.

"Memang kemarin itu ada penambahan pasien Covid-19 yang cukup signifikan. Ada penambahan sekitar 18 pasien baru yang harus menunggu di ruang emergency," ujar Iwa kepada Kompas.com, Kamis (10/6/2021).

Iwa menuturkan, RSUD Sumedang kemudian melakukan upaya penambahan ruangan untuk perawatan pasien khusus Covid-19.

"Per hari ini, semua pasien Covid-19 yang menunggu di ruang emergency itu sudah masuk ruangan semua," tutur Iwa.

Iwa menyebutkan, sebulan pasca Lebaran, kasus harian Covid-19 di Sumedang memang terjadi penambahan yang cukup signifikan.

Hingga Rabu kemarin, total akumulasi pasien positif Covid-19 di Sumedang sebanyak 4.489 orang.

Dari total tersebut, sebanyak 114 warga Sumedang meninggal akibat Covid-19.

"Sumedang saat ini berada di zona oranye Covid-19. Kami meminta kepada warga Sumedang untuk lebih disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan," sebut Iwa.

Sementara itu, Kepala Hubungan Masyarakat RSUD Sumedang Dahlan Indrayana mengatakan, semua pasien positif Covid-19 yang sebelumnya harus menunggu di ruang emergency maupun pasien rujukan dari Puskesmas sudah masuk ruangan.

"Kemarin kami melakukan rekayasa ruangan, sehingga ada penambahan ruang perawatan khusus pasien Covid-19 di RSUD Sumedang. Total ruangan yang tersedia saat ini 51 ruang perawatan. Semuanya sudah tertangani, tidak ada lagi pasien waiting list (menunggu) di emergency," ujar Dahlan.

Dahlan memastikan, pasien positif Covid-19 yang menunggu tidak ditempatkan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) pasien umum.

"Jadi bukan di IGD ya. Pasien Covid-19 yang menunggu ruangan itu di emergency khusus pasien Covid-19, tidak menyatu dengan pasien umum di IGD," kata Dahlan.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/10/104111478/ruang-covid-19-di-rsud-sumedang-penuh-pasien-terpaksa-menunggu-di-tempat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke