Salin Artikel

Tiga Orang Positif Covid-19, Warga Satu RT di Blora Jalani Tes Swab

BLORA, KOMPAS.com - Warga satu RT di Desa Balongsari, Kecamatan Banjarejo, Blora, Jawa Tengah, menjalani tes swab buntut dari tiga orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Desa Balongsari Sutikno mengatakan, peristiwa berawal saat salah seorang warga menggelar hajatan pernikahan pada Minggu (30/5/2021).

"Setelah hajatan, ada indikasi dua orang sakit panas pilek terus dibawa ke puskesmas, kemudian dinyatakan positif Covid-19," ucap Sutikno kepada wartawan, Kamis (3/6/2021).

Selanjutnya, seorang warga lainnya juga mengalami gejala pilek dan panas, sehingga dilakukan tes swab yang hasilnya dinyatakan positif Covid-19.

Agar kondisi tersebut tidak semakin parah, maka pihaknya melakukan tes swab bagi masyarakat di RT 06 RW 01 di desa tersebut pada Rabu (2/6/2021).

"Kami dari pihak desa mengambil langkah mengadakan swab untuk mengantisipasi supaya wabah tidak berkembang," katanya.

Meski demikian, Sutikno tidak melarang warganya menggelar acara pernikahan dan khitanan.

Akan tetapi, ia mengimbau kepada warganya apabila menggelar kegiatan tersebut harus mengutamakan protokol kesehatan.

"Kalau pengin mantu atau sunat silakan, tapi harus bisa memahami keadaan seperti ini tidak boleh ada keramaian, hajatan atau kondangan saya batasi tidak perlu ngundang banyak orang cukup 6 orang dan nanti berkatnya biar diantar ke rumah masing-masing," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan monitoring data Covid-19 Kabupaten Blora per tanggal 1 Juni 2021, kasus positif Covid-19 sebanyak 7.013.

Rinciannya, 6.463 orang dinyatakan sembuh, 354 orang meninggal dunia, serta pemeriksaan swab sebanyak 28.283 orang.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/03/173232278/tiga-orang-positif-covid-19-warga-satu-rt-di-blora-jalani-tes-swab

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke