Salin Artikel

Catat, Ini 5 Opsi Uang Kuliah Seleksi Mandiri ITB 2021, dari Rp 0 hingga Biaya Penuh

BANDUNG, KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan lima pilihan uang kualiah tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru yang masuk melalui jalur ujian Seleksi Mandiri (SM) ITB 2021.

Direktur Pendidikan ITB, Arief Hariyanto mengatakan, UKT yang ditawarkan mulai dari pembebasan biaya hingga pembayaran secara penuh.

"Kondisi pandemi memengaruhi kondisi ekonomi Indonesia, termasuk ITB. Namun ITB tetap berusaha memberikan kesempatan pendidikan terbaik kepada para mahasiswa ITB," ujar Arief dalam rilisnya, Kamis (3/6/2021).

Arief menjelaskan, penerima kategori UKT 1 dengan biaya kuliah Rp 0 adalah mereka pemegang Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) yang mendaftar dan lolos SM ITB.

Selain opsi UKT 1 sebesar Rp 0 atau bebas biaya untuk pemegang KIP-K, terdapat opsi pembayaran UKT lain, yaitu UKT 2, UKT 3, UKT 4 dan UKT 5, dengan besaran lainnya bervariasi.

Pada UKT 2, biaya per semester adalah adalah Rp 1 juta, UKT 3 sebesar Rp 12,5 juta per semester dan UKT 4 sebesar Rp 20 juta per semester. Sementara pada UKT penuh, yaitu UKT 5 sebesar Rp 25 juta per semester.

Pendaftaran SM ITB 2021 masih dibuka hingga 10 Juni 2021. Para peserta dapat langsung memilih program studi yang diinginkan.

“Seleksi Mandiri ITB tahun ini akan menerima kurang lebih 1.327 mahasiswa baru,” ucap Arief.

Mahasiswa baru Seleksi Mandiri ITB 2021 yang telah dinyatakan diterima, dapat mengajukan UKT lebih rendah dari UKT 5 melalui formulir pendaftaran di situs resmi ITB.


Dalam pengajuan tersebut, calon mahasiswa wajib menyertakan data pendukung. Yakni data-data yang menyatakan kemampuan ekonomi keluarga.

“Pengumuman persetujuan pengajuan UKT di bawah UKT 5 akan disampaikan sebelum masa pendaftaran ulang, sehingga calon mahasiswa sudah mengetahui sebelum melakukan pendaftaran ulang,” beber dia.

Arief menegaskan, penerapan UKT yang fleksibel ini telah dilakukan pada Seleksi Mandiri ITB 2020 lalu.

“Jumlah mahasiswa yang menerima UKT di bawah UKT 5 ini tentu akan bervariasi tergantung dari kondisi keuangan keluarga calon mahasiswa dan kemampuan finansial ITB,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/03/160346778/catat-ini-5-opsi-uang-kuliah-seleksi-mandiri-itb-2021-dari-rp-0-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke