Salin Artikel

Telaga Sarangan Magetan, Legenda Suami Istri Berubah Jadi Naga di Lereng Gunung Lawu

Yang pertama adalah peristiwa seorang perempuan jalan santai di tengah jalan yang menyebabkan kemacetan ke arah detinasi Telaga Sarangan.

Peristiwa tersebut terekam di lokasi tak jauh dari destinasi wisata Kebun Bunga Refugia di Kecamatan Palosan, Magetan, Jawa Timur pada Minggu (30/5/2021) siang.

Di video yang beredar, perempuan tersebut terlihat marah saat pengguna jalan meminta untuk minggir.

Sementara peristiwa kedua terjadi pada Selasa (1/6/2021), Di video yang berdurasi 20 detik, terekam kerumuman orang yang berusaha melerai perkelahian.

Dua orang yang berkelahi adalah pemilik restoran di Telaga Sarangan dan pengunjung.

Perkelahian dipicu saat pengunjung restoran memesan sate di luar restoran dan membawanya ke dalam sembari menunggu pesanan datang.

Melihat pengunjung membawa sate ke dalam rumah makan, pemilik rumah makan kemudian menegur penjual sate.

Karena merasa pedagang sate tidak salah, pengunjung itu kemudian membela pedagang sate hingga terjadi kesalahpahaman yang berujung perkelahian.

Telaga Sarangan tersebut menjadi destinasi wisata alam andlan Kabupaten Magetan yang terletak di di ketinggian 1.200 di atas permukaan air laut dengan suhu antara 15-20 derajat celcius.

Dikutip dari nationalgeographic.grid.id, Telaga Sarangan memiliki luas 30 hektar dengan kedalaman sekitar 28 meter.

Ada yang unik dari telaga ini, yakni pulau yang ada di tengah telaga dan dikeramatkan oleh penduduk sekitar.

Menurut penduduk setempat, di pulau itu bersemayam roh leluhur Telaga Sarangan, yaitu Kyai Pasir dan Nyai Pasir.

Dari legenda tersebut penduduk setempat juga sering menyebut Telaga Sarangan sebagai Telaga Pasir.

Legenda Telaga Sarangan menceritakan sepasang suami istri yang bernama Kyai dan Nyai Pasir.

Akhirnya mereka pun medapat seorang anak lelaki yang diberi nama Joko Lelung. Untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari mereka bercocok tanam dan berburu.

Karena pekerjaan yang dirasa berat maka Kyai dan Nyai Pasir bersemedi memohon kesehatan dan umur panjang kepada Sang Hyang Widhi.

Dalam semedinya, pasangan suami istri tersebut mendapat wangsit bahwa keinginannya akan terwujud jika ia dapat menemukan dan memakan telur yang ada di dekat ladangnya.

Ketika itu Nyai Pasir menemukan telur tersebut dan membawanya pulang lalu memasaknya. Telur kemudian dibagi dua, satu dimakan oleh Kyai Pasir dan yang satunya dimakan oleh Nyai Pasir.

Setelah memakan telur tersebut Kyai Pasir kembali pergi ke ladang. Namun di tengah perjalanan badannya terasa panas dan gatal. Kyai Pasir tak kuasa menahan gatal itu dan menggaruknya hingga menimbulkan luka lecet di seluruh tubuh.

Akhirnya tubuh Kyai Pasir berubah menjadi ular naga yang sangat besar. Hal yang sama juga terjadi dengan Nyai Pasir.

Dari dalam cekungan keluar air yang sangat deras dan menggenangi cekungan tadi.

Menyadari kemampuan yang dimilikinya, Kyai Pasir dan Nyai Pasir berniat untuk membuat cekungan sebanyak-banyaknya untuk menenggelamkan Gunung Lawu.

Mengetahui kedua orangtuanya berubah menjadi naga besar dan memiliki niat buruk, maka Joko Lelung bersemedi agar niat tersebut dapat diurungkan.

Permintaan Joko Lelung pun diterima oleh Hyang Widhi.

Kedua naga perwujudan dari Kyai dan Nyai Pasir bisa ditenangkan. Mereka tak lagi berguling-guling. Namun cerukan tanah masih ada dan terisi air hingga dikenal sebagai Telaga Sarangan.

Kyai dan Nyai Pasir yang berubah menjadi Naga itu, perlahan menjadi mahluk tak kasat mata yang diyakini hingga saat ini masih menunggu di telaga sampai anugerah umur panjang dari sang pencipta berakhir.

Cerita itu sampai saat ini masih diyakini oleh penduduk setempat. Bahkan setiap menjelang bulan Ruwah (bulan puasa) warga sekitar selalu menggelar upacara bersih desa dan labuh sesaji dengan memberikan hasil desa untuk tolak bala dan memperingati terbentuknya Telaga Pasir.

Upacara ini juga bertujuan untuk memberikan penghormatan kepada roh leluhur yang merupakan cikal bakal Desa Sarangan yaitu Kyai dan Nyai Pasir.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Sukoco | Editor : Pythag Kurniati, Robertus Belarminus)

https://regional.kompas.com/read/2021/06/03/115500278/telaga-sarangan-magetan-legenda-suami-istri-berubah-jadi-naga-di-lereng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke