Salin Artikel

Saat Kapolresta Banyumas Ikut Turun Tangan Bubarkan Outbound di Baturraden, Ini Alasannya

KOMPAS.com - Demi mencegah penyebaran varian baru Covid-19 di Kabupaten Banyumas, kegiatan outbound pegawai Kantor Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap dibubarkan oleh polisi.

Kegiatan yang dilaksanakan di Baturraden Adventure Forest (BAF), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada Sabtu (29/5/2021), ini diikuti oleh 75 orang.

Peserta outbound datang ke lokasi menggunakan dua bus.

Dalam pembubaran kegiatan outbound ini, Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Banyumas ikut turun tangan.

Pasalnya, kata Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Baturraden Iptu Karseno, rombongan tersebut sempat tidak menggubris Satgas Covid-19 Kecamatan Baturraden yang mengimbau agar acara dihentikan.

"Mereka tidak mau mengindahkan, sehingga Pak Kapolresta Kombes M Firman Lukmanul Hakim turun langsung untuk membubarkan acara," ucapnya.

Alasan pembubaran

Polisi beralasan, kegiatan outbound dibubarkan karena dianggap melanggar protokol kesehatan.

Tak hanya itu, pembubaran outbound ini untuk mengantisipasi beredarnya varian baru Covid-19 yang terdeteksi pada anak buah kapal (ABK) asal Filipina di Cilacap.

"Kami membubarkan kegiatan karena tidak ada izin maupun rekomendasi dari Satgas Covid-19," ujar Karseno, ditemui di lokasi.

Usai acara dibubarkan, seluruh peserta outbound menjalani tes cepat antigen yang dilakukan tim Bidang Kedokteran dan Kesehatan Polresta Banyumas.

Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap Imas Masriah yang turut dalam kegiatan tersebut, menyatakan bahwa para pegawai telah menjalani rapid test antigen dengan hasil negatif.

Ditambah lagi, seluruh pegawai juga sudah menjalani vaksinasi Covid-19.

Mengenai pembubaran kegiatan outbound ini, pihaknya belum bersedia memberikan tanggapan.

"Kami belum bisa menjelaskan apa-apa, kami saja belum tahu apa yang menjadi titiknya, sehingga kami di sini diminta untuk menghentikan dulu atau bagaimana saya belum tahu," ungkapnya.

Dipulangkan dengan pengawalan

Camat Baturraden Budi Nugroho menuturkan, rencananya para peserta outbound bakal dipulangkan dengan pengawalan polisi.

"Rencana kegiatannya akan digelar tiga hari, datang tadi pukul 10.30 WIB. Setelah ini ada langkah-langkah untuk pemulangan, akan dikawal polisi ke tempat asal," beber dia.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Banyumas, Fadlan Mukhtar Zain | Editor: Abba Gabrillin)

https://regional.kompas.com/read/2021/05/29/211936378/saat-kapolresta-banyumas-ikut-turun-tangan-bubarkan-outbound-di-baturraden

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke