Salin Artikel

Profil 5 SMA Terbaik Se-Banten, Ada Peringkat 2 Indonesia

Hasilnya, ada 5 sekolah terbaik di Provinsi Banten.

Salah satunya bahkan masuk peringkat 2 terbaik se-Indonesia. Sekolah tersebut didirikan oleh Presiden RI.

Kompas.com mengulas profil lima sekolah terbaik di Banten sebelum para calon peserta didik mengikuti proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2021 tingkat SMA/SMK sederajat yang dimulai pada 14 Juni mendatang.

Berikut profil 5 sekolah terbaik se-Banten:

1. MAN Insan Cendikia Serpong

MAN Insan Cendikia Serpong didirikan oleh Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie pada 1996 dengan nama awal Magnet School.

Awalnya, BJ Habibie mengingnkan adanya sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang didasari nilai keimanan dan ketakwaan.

Seiring berjalan waktu, pada tahun pelajaran 2000/2001, SMU Insan Cendekia Serpong, pengelolaannya dilimpahkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kepada Departemen Agama RI.

Pada 2001, dengan SK Menteri Agama RI Nomor 490 Tahun 2001, MA Insan Cendekia Serpong berubah menjadi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Serpong.

Sekolah dengan konsep pendidikan asrama itu beralamat di Jalan Cendekia, BSD Sektor XI, Serpong, Kota Tangerang Selatan.

MAN IC Serpong memiliki sarana dan fasilitas lengkap untuk mendukung murid berkreasi dan berprestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

Jika ada yang ingin ditanyakan, pembaca bisa menghubungi nomor telepon 021 - 7563578 atau email melalui humas@ic.sch.id

Berbagai prestasi mentereng telah diraih siswa MAN Insan Cendekia Serpong pada tingkat nasional dan internasional.

Misalnya Juara 1 Bidang Matematika Terintegrasi KSMO atas nama Muhammad Enrizky Brillian Suharno.

Juara 2 Bidang Kimia Terintegrasi KSMO atas nama Maritza Gantari Makhrus,

Kemudian, meraih medali perak dan the best theory bidang astronomi KSN atas nama Hafizh Renanto Ahmad.


Selanjutnya meraih medali perak bidang kimia KSN atas nama Hanif Muhammad Zhafran, dan mendapatkan medali perunggu bidang matematika KSN nama Enrizky Brillian Suharno.

Siswa MAN IC Serpong yakni Farel Alfaza, mewakili Indonesia dengan meraih medali perak pada International Biology Olympiad (IBO) Challenge 2020.

Kemudian M Abdillah Roikhan meraih medali perak pada Asia International Mathematical Olympiad 2020 dan medali perak pada International Kangaroo Mathematics Contest 2020.

2. SMAS Santa Laurensia

SMAS Santa Lauresia adalah sebuah sekolah yang dinaungi oleh Yayasan Tunas Manunggal.

Santa Laurensia didirikan pada 1994, dan dibuka untuk umum pada 1995.

Sekolah ini berada di Kota Satelit Suvarna Sutera, Pasar Kemis, Tangerang.

Santa Laurensia berkomitmen untuk mengubah dunia lewat pendidikan murid-muridnya.

SMA St Laurensia memiiki lab sains, kimia, fisika, biologi, ruang media dan ruang komputer.

Kemudian dilengkapi klinik sekolah/FBIS Health Center (berkoperasi dengan Omni Hospital, dulu dengan Siloam Hospitals).

Berdasarkan catatan prestasi, SMAS St Laurensia pada 2020 meraih berbagai penghargaan dari SouthEast Asian Mathematical Olympiad (SEAMO), National Medical and General Biology Competition, dan Kompetisi Pesta Science Institut Pertanian Bogor (IPB) 2020.

SMA St Laurensia merancang mata pelajaran bernama "Proyek Penelitian" yang masuk ke kurikulum untuk mengembangkan kemampuan anak menyelesaikan masalah dengan pendekatan saintifik dengan bimibingan tenaga pengajar handal di bidangnya.

3. SMA Kristen BPK Penabur Gading Serpong

SMAK BPK Penabur Gading Serpong awalnya didirikan dengan nama asli SMAK 6 BPK Penabur Jakarta.

Pada tahun ajaran 2003-2004, seluruh kegiatan SMAK 6 secara resmi berpindah ke komplek BPK Penabur Gading Serpong, sehingga nama sekolah diganti menjadi SMAK Penabur Gading Serpong.

SMAK Penabur GS memiliki berbagai program kelas pendidikan, yakni kelas reguler dan brilliant class.


Kelas reguler adalah kelas dengan kurikulum nasional dan penyesuaian, serta penambahan sesuai dengan kurikulum yang diterapkan oleh Yayasan BPK Penabur.

Kelas ini adalah kelas umum dengan masa belajar 3 tahun, dan diajar oleh guru-guru BPK Penabur yang berpengalaman tinggi.

Sedangkan brilliant class adalah kelas yang dirancang khusus untuk siswa dengan IQ minimal 145.

Kelas ini menerapkan pengajaran yang terfokus pada matematika dan ilmu pengetahuan alam (IPA) untuk olimpiade.

Tetapi, brilliant class juga masih menerima pelajaran selayaknya pelajaran kelas reguler. Untuk siswa briliant class disiapkan juga asrama.

Gedung SMAK GS memiliki 6 lantai yang dilengkapi dengan dua buah elevator.

Seluruh laboratorium sains dan IT adalah laboratorium modern dengan alat-alat terbaik yang menunjang pembelajaran di kelas.

SMAK Penabur Gading Serpong telah mencapai prestasi pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) pada 2020 dan meraih 4 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu.

4. SMAS Santa Ursula BSD

SMA Santa Ursula BSD yang beralamat di Jalan Letnan Sutopo Sektor I.2 Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, memberikan berbagai macam kegiatan yang membantu siswa untuk mengembangkan diri secara lebih optimal.

Sekolah dilengkapi laboratorium fisika, biologi dan kimia, bahasa, ruang robotic, e - learning, multimedia, perpustakaan, dan audio visual.

Sarana yang dimiliki seperti hall, aula lapangan olahraga dan lain-lain.

Prestasi membanggakan pernah diraih sekolah ini, baik bidang akademis maupun non-akademis.

Ekstrakurikuler di sekolah ini lengkap dari keterampilan seperti memasak, paper quiling, pencak silat perisai diri, pergamano, dan polimer clay.

Kemudian ada band, desain grafis, fotografis, membatik, orkestra, seni suara, tarian modern dan teater.

Ada juga keterampilan berbahasa seperti Belanda, Jepang, Korea dan Perancis.


5. SMAS Pahoa

SMA Pahoa memiliki tiga jurusan, yakni Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan Ilmu Budaya dan Bahasa (IBB).

SMA Pahoa memiliki beberapa program kegiatan yang berhubungan dengan program moral, mandarin, dan matematika (3M) yang dikemas dalam proses pembelajaran dan kegiatan sekolah, baik di dalam maupun di luar sekolah.

SMA yang berada di Jalan Ki Hajar Dewantara Nomor 1 Summarecon Serpong, Tangerang, dilengkapi laboratorium biologi, fisika, bahasa, komputer dan perpustakaan.

Prestasi terbaru, murid SMA Pahoa meraih prestasi di kompetisi BME yang merupakan ajang bergengsi tahunan dari Swiss German University (SGU).

Tm klub fisika SMA Pahoa berhasil meraih juara pertama dengan judul "Penggabungan Oximeter dan Thermogun Berbasis Arduino Pro Mini sebagai Penanganan Keterbatasan Fasilitas Kesehatan". 

https://regional.kompas.com/read/2021/05/28/160916878/profil-5-sma-terbaik-se-banten-ada-peringkat-2-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke