Salin Artikel

Cerita Andrian, Bocah Penjual Tisu yang Bantu Buka Jalan Saat Ambulans Terjebak Macet: Kan Ada Orang Sakit

Video tersebut direkam di simpang Jalan Kiaracondang-Soakarno Hatta, Kota Bandung pada Sabtu (8/5/2021).

Sementara bocah yang ada di video tersebut adalah Muhammad Andrian, bocah 7 tahun penjual tisu di simpang jalan tersebut.

Dalam video tersebut, Andrian terlihat cekatan menggerakkan tangan sebagai tanda meminta jalan pada sejumlah pengemudi untuk meminggirkan mobil agar ambulans bisa lewat.

"Kan ambulans-nya bawa yang lagi sakit"

Bocah yang akrab dipanggil Ian itu bercerita lokasi simpang Jalan Kiaracondang adalah kawasan macet.

Ia mengaku tak hanya sekali membantu membuka jalan untuk ambulans. Tapi hal tersebut sudah ia lakukan beberapa kali saat sedang berjualan tisu.

Menurutnya jika ada ambulans yang macet maka ia akan minta izin ke orangtuanya untuk membantu membuka jalan.

"Habis, kalau lampunya hijau, enggak ada ambulans lewat. Tapi kalau merah, ada ambulans lewat," ungkapnya dengan nada polos saat ditemui Kompas.com pada Rabu (26/5/2021).

Ian bercerita jika ia membuka jalan dengan sopan dan tak pernah memukul mobil yang menghalangi jalan ambulans. Ia mengaku kasihan jika ada ambulans yang terjebak macet dan khawatir pasien yang dibawa tidak tertolong.

"Di dalam ambulans kan ada orang sakit, orang kecelakaan, kasihan. Ian suruh minggir mobilnya, tapi Ian enggak pukul mobilnya," akunya.

Bahkan ia sendiri sering heran dengan perilaku anaknya. Saat ditanya alasannya, Ian bercerita jika ia sangat menyukai ambulans.

Bahkan anak laki-lakinya itu selalu sigap saat mendengar suara ambulans meski jaraknya masih jauh.

Tini juga bercerita dalam aksinya yang viral, Ian sedang makan dan langsung minta izin untuk membantu membuka jalan saat mendengar suara ambulans.

"Waktu itu (dalam aksi yang terekam video viral) Ian lagi makan. Tiba-tiba minta izin sama saya mau bantuin biar ambulans-nya bisa lewat. Saya bilang sok aja, tapi hati-hati banyak motor ngebut. Memang tiap ada ambulans Ian langsung bangun. Padahal masih jauh ambulans," tuturnya.

Tini berharap, aksi yang dilakukan Ian bisa menjadi contoh untuk masyarakat agar memberikan prioritas jalan kepada ambulans meski dalam kondisi macet.

"Ian memang senang sama ambulans, makanya sering bantuin," ucap dia.

SUMBER: KOMPAS.com (Penulis: Putra Prima Perdana | Editor : David Oliver Purba)

https://regional.kompas.com/read/2021/05/27/060700678/cerita-andrian-bocah-penjual-tisu-yang-bantu-buka-jalan-saat-ambulans

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke