Salin Artikel

Aksi Solidaritas untuk Palestina di Solo Dibubarkan Polisi

Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan polisi terpaksa membubarkan massa aksi karena materi yang disampaikan salah satu orator tidak sesuai dengan materi awal dalam aksi tersebut.

Di sisi lain massa aksi tidak mematuhi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dengan berkerumun, tidak menjaga jarak dan tidak memakai masker.

Kemudian petugas yang melakukan imbauan dengan menggunakan pengeras suara agar massa aksi tetap menerapkan prokes, justru ada yang diancam.

"Kemudian di detik atau di satu jam setengah lebih ke atas rupanya salah satu orator melenceng dari materi yang disampaikan di muka umum menyerang pribadi. Bahkan berisi ancaman ini tidak boleh," kata Ade ditemui di Bundaran Gladag Solo, Jumat.

"Jalan dikuasai, peraturan lalu lintas sudah diabaikan semuanya. Akhirnya kami memutuskan untuk membubarkan aksi yang berlangsung sekitar satu jam 45 menit. Karena kami berprinsip di tengah pandemi ini keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi," sambung dia.

Ade menegaskan akan memanggil penanggung jawab maupun korlap aksi terkait kegiatan tersebut. Pemanggilan ini berkaitan dengan protokol kesehatan.

Menurut Ade dalam pemberitahuan penanggung jawab aksi menyampaikan bahwa peserta aksi solidaritas untuk Palestina hanya 80 orang.

Namun, pada saat aksi berlangsung ada ratusan peserta.


"Pasti kita panggil. Korlap dari aksi ini akan kita panggil. Karena korlap sudah memberitahukan akan patuh prokes, patuh lalu lintas, dan seterusnya. Namun terjadi pelanggaran. Pemberitahuan 80 massa aksi ini hampir 600 orang," terang dia.

Terpisah, Humas Aksi Endro Sudarsono mengatakan, massa aksi solidaritas berasal dari berbagai elemen masyarakat. Aksi solidaritas ini terkait kekejaman Israel terhadap Palestina.

Mereka mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian maupun Satgas Penanganan Covid-19 Solo terkait penyelenggaraan aksi tersebut.

"Kami sudah layangkan pemberitahuan di Polresta dan Ketua Gugus Satgas Covid-19 Solo," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/21/164354378/aksi-solidaritas-untuk-palestina-di-solo-dibubarkan-polisi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke