Salin Artikel

Satgas Nemangkawi Geledah Markas KKB Lekagak Telenggen, Kapolda Papua: Mereka Sudah Bergeser

Personel Satgas Nemangkawi akhirnya masuk ke markas utama Lekagak Telenggen di Kampung Makki, Distrik Ilaga Utara, Kabupaten Puncak, Papua.

Hanya saja, saat aparat keamanan masuk, anggota KKB sudah meninggalkan area tersebut.

"Kita sudah pada titik Kampung Makki dan kita sudah melakukan penggeledahan di area itu dan kelompok ini memang sudah bergeser," ujar Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri, di Jayapura, Kamis (20/5/2021).

Personel Satgas Nemangkawi terus mengejar para anggota KKB tersebut. Pengejaran dilakukan dengan kewaspadaan tinggi.

Fakhiri menegaskan, aparat keamanan tidak boleh lengah dan membuat KKB melakukan perampasan senjata.

"Kita maju bertahap dengan tetap memperhatikan risiko keselamatan dari pada anggota kita yang bertugas di sana," kata dia.

Lekagak Telenggen dan anggotanya, sambung Fakhiri, diyakini telah keluar dari Kampung Makki.


Kelompok itu diduga akan terus berpindah hingga mendapat pasokan logistik.

"Setelah kemunduran ini kami yakin mereka akan keluar (dari Puncak) dan kita sudah sampaikan kepada teman-teman yang ada di Puncak Jaya untuk mengantisipasi," kata dia.

Personel keamanan yang ada di sekitar Kabupaten Puncak, seperti Puncak Jaya dan Lanny Jaya, diminta siaga ketika kelompok Lekagak Telenggen melintas.

Fakhiri juga memastikan, ia telah berkoordinasi dengan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Ignatius Yogo Triyono untuk mengantisipasi pergerakan KKB Lekagak Telenggen.

"Dari Polda kami sudah mengeluarkan instruksi kepada semua Pam Rawan Kepolisian untuk meningkatkan kesiapsiagaan. Dengan Pangdam kita sudah bicara untuk sama-sama meningkatkan kesiagaan," kata Fakhiri.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/20/173609678/satgas-nemangkawi-geledah-markas-kkb-lekagak-telenggen-kapolda-papua-mereka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke