Salin Artikel

Viral, Video Kepulan Asap di Obyek Wisata Sam Poo Kong Semarang, Ini yang Terjadi

Kemunculan asap yang cukup besar di kompleks bangunan bersejarah itu sempat mencuri perhatian beberapa pengguna jalan dan warga yang melintas di kawasan tersebut. 

Peristiwa itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 07.00 WIB hingga videonya menjadi viral di media sosial.

Mendapati laporan tersebut, petugas pemadam kebakaran langsung menuju ke lokasi.

Kebakaran bukan di bangunan utama kelenteng

Kepala Bidang Operasional dan Penyelamatan Damkar Kota Semarang Trijoto Poejo Sakti mengatakan, kebakaran terjadi di tempat penyimpanan lilin yang terpisah dengan bangunan utama kelenteng.

"Ada sekitar lima lilin besar setinggi manusia di tempat yang terbakar itu. Lalu ada benda-benda lain, termasuk lilin kecil dan kertas," katanya saat dikofirmasi, Senin (17/5/2021).

Trijoto mengungkapkan, pihaknya menerjunkan tiga unit mobil damkar untuk memadamkan api.

"Lokasi sudah dikondisikan dengan baik," ujarnya.

Sementara itu, penyebab kebakaran diduga kuat karena api dari lilin yang menyala membakar tatakan kayu sehingga menyebar.

Namun, yang ukuran kecil membakar tatakan dan plastik sehingga merambat ke dinding.

"Kemudian dari tim satpam kami sudah mencoba untuk memadamkan, tapi api cukup besar sehingga kami menelepon pemadam kebakaran," ujarnya.

Anandita menjelaskan, api pada lilin di rumah lilin itu memang dijaga tetap menyala sejak perayaan Imlek sesuai tradisi kepercayaan.

Kelenteng Sam Poo Kong, destinasi wisata unggulan Semarang

Setelah kejadian, kelenteng yang menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Semarang itu masih bisa dikunjungi sesuai prosedur yang berlaku.

"Saat ini kondisi Sam Poo Kong kondusif untuk dikunjungi karena yang terbakar cuma di area tempat lilin saja, sedangkan tempat yang lainnya tidak terpengaruh. Monggo, silakan datang dengan prokes yang berlaku," ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/17/121721878/viral-video-kepulan-asap-di-obyek-wisata-sam-poo-kong-semarang-ini-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke