Salin Artikel

Bagian Klaster Sangon, Satu RT di Kulon Progo "Lockdown", 47 Warganya Kena Covid-19 gara-gara Aktivitas Padat di Mushala

Karenanya, pihak pedukuhan membatasi keluar masuk orang ke RT tersebut. Warga yang negatif Covid-19 mendirikan pos dan menjaga jalan masuk.

“Betul Pak, saya lockdown (RT 32). Yang jaga pos pemuda yang negatif,” kata Dukuh (kepala dusun) Muh. Khamim via pesan singkat, Minggu (16/5/2021).

Menurut Khamim, Covid-19 telah menyebar pada 47 warga di RT 32 ini. Jumlah ini hasil dari tracing hingga swab massal yang berlangsung beberapa hari belakangan.

Warga RT sebelah juga terpapar Covid-19

Penyakit Covid-19 yang menyebar di Kadigunung sebenarnya tidak hanya pada satu RT.

Penyelidikan epidemiologi mendapati penularan juga menjangkau 13 kasus di RT sebelah, yakni di RT 30. Mereka tinggal di enam dari 17 rumah yang ada di RT tesebut.

“Itu totalnya 60 kasus,” kata Khamim.

Penyakit Covid-19 yang menyebar ke Kadigunung itu merupakan bagian dari Klaster Sangon.

Pada kesempatan sebelumnya, Khamim menceritakan, penularan terkait aktivitas padat warga di mushala yang ada di Sangon I.

Kebetulan, mushala itu berada di batas pedukuhan Sangon I dan Kadigunung.

Tracing dilakukan dan didapati puluhan warga lain juga terjangkit Covid-19, termasuk di Kadigunung.

Total penderita Covid-19 dalam Klaster Sangon kini mencapai 124 kasus. Mereka menyebar di Sangon I, Kalurahan Kalirejo sebanyak 60 kasus. Kemudian, 60 kasus di Kadigunung, dua kasus di Tapen dan dua warga Tlogolelo.

Mayoritas kini isolasi mandiri. “Tiga kasus diisolasi RS dan 121 kasus isolasi mandiri,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, TH Baning Rahayujati via pesan.

Klaster Sangon menambah catatan penderita Covid-19 di Kulon Progo menembus 5.540 kasus, dengan 43 kasus dalam perawatan RS rujukan Covid-19 dan 700 kasus isolasi di rumah masing-masing. Kematian akibat Covid-19 di Kulon Progo sebanyak 103 kasus.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/17/062015778/bagian-klaster-sangon-satu-rt-di-kulon-progo-lockdown-47-warganya-kena

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke