Salin Artikel

3 Wisatawan Positif Covid-19, Lokasi Wisata di Purbalingga Terancam Ditutup

KOMPAS.com - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi membuka kemungkinan penutupan tempat wisata jika ada kenaikan jumlah kasus Covid-19 selama libur lebaran.

Seperti diketahui, berdasar hasil rapid test antigen secara acak, tiga wisatawan di objek wisata Dino Land dan Lembah Asri Serang (D'Las) Kecamatan Karangreja, Purbalingga, terkonfirmasi positif Covid-19.

"Kita lihat perkembangan besok bagaimana, jika ada penambahan kasus karena dibukanya objek wisata ya ada opsi penutupan," katanya pada Minggu (16/5/2021).

Tiwi mengatakan, data hasil tes antigen itu milik dua wisatawan dari luar kota.Sementara satunya dari Kecamatan Bukateja, Purbalingga, Jawa Tengah.

"Hari ini kami monitoring di tiga obyek wisata, Golaga, D'Las dan Owabong. Tiga orang wisatawan reaktif di D'Las, sementara di Golaga dan Owabong hasilnya negatif," kata Tiwi usai monitoring, Minggu (16/5/2021).

Seperti diketahui, pada libur lebaran kemarin sejumlah lokasi wisata di Purbalingga dibanjiri pengunjung.

Tiwi segera memerintahkan jajarannya untuk memantau kondisi di ketiga lokasi tersebut.

Setelah diketahui ada yang terkonfirmasi positif, petugas meminta ketiga wisatawan untuk pulang ke daerah asalnya.

"Yang dari luar kota kita terbitkan surat keterangan hasil test rapid antigen agar ditindaklanjuti oleh puskesmas asalnya. Untuk yang Bukateja kita akan lakukan PCR kepada yang bersangkutan," jelasnya.

(Penulis: Kontributor Banyumas, M Iqbal Fahmi | Editor: Khairina)

https://regional.kompas.com/read/2021/05/16/190432878/3-wisatawan-positif-covid-19-lokasi-wisata-di-purbalingga-terancam-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke