Salin Artikel

Penumpang yang Tiba di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Meningkat, Didominasi Sepeda Motor

Peningkatan mulai terjadi sejak Jumat (30/4/2021) atau lima hari jelang pelarangan mudik Lebaran 6 hingga 17 Mei 2021.

GM ASDP Ketapang, Banyuwangi, Suharto mengatakan, peningkatan sebanyak 10 hingga 15 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.

"Tidak ramai, tapi lumayan sudah ada peningkatan dari Bali ke arah Banyuwangi, kalau dibanding hari biasa 10 sampai 15 persen," kata Suharto saat dihubungi, Senin (3/5/2021).

Adapun kendaraan yang menyeberang didominasi sepeda motor. Jumlah sepeda motor yang melintas mencapai 2.000 unit setiap harinya.

Sedangkan bis yang biasanya sebanyak dua atau tiga unit, kini mencapai delapan bus dalam sehari.

Ia memprediksi puncak penumpang yang menyeberang akan terjadi hingga Rabu (5/5/2021).

Adapun untuk arus balik diperkirakan akan terjadi dari Jumat (21/5/2021) hingga Kamis (27/5/2021).

Selama larangan mudik, Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk tetap melayani pembelian tiket secara online.


Layanan ini untuk calon penumpang yang mendapat pengecualian sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2021 Nomor 13 Tahun 2021 dari Satgas Penanganan Covid-19 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

"Masih dibuka khusus untuk yang pengecualian dari SE 13, kalau yang untuk umum tidak dilayani," kata dia.

Pengecualian larangan mudik juga berlaku bagi sejumlah kelompok masyarakat dengan keadaan dan kondisi tertentu, yakni yang bekerja atau perjalanan dinas untuk ASN, pegawai BUMN, pegawai BUMD, Polri, TNI, pegawai swasta, yang dilengkapi surat tugas dengan tanda tangan basah dan cap basah dari pimpinannya.

Lalu kunjungan keluarga yang sakit, kunjungan duka anggota keluarga yang meninggal, ibu hamil dengan satu orang pendamping, kepentingan melahirkan maksimal dua orang pendamping, serta pelayanan kesehatan yang darurat.

"Sakit atau meninggal, keluarganya kan perlu datang itu, biasanya ada SIKM (surat izin keluar masuk). Kalau dari desa, ya ada keterangan dari kepala desa," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/05/03/182301878/penumpang-yang-tiba-di-pelabuhan-ketapang-banyuwangi-meningkat-didominasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke