Salin Artikel

Jangkau Warga Pesisir dan Pulau Terluar, Polda NTT Luncurkan Kapal Vaksin Covid-19

Kali ini, vaksinasi berbeda karena digelar di atas kapal Polair Polda NTT.

Vaksinasi berlangsung di sekitar pesisir pantai Desa Huilelot, Kampung Batu Hopong, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, dengan sasaran 200 warga.

Kabid Humas Polda NTT Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto mengatakan, kegiatan dengan tema pelayanan kesehatan terapung ini dalam rangka percepatan program vaksinasi nasional.

"Kegiatan ini merupakan sebuah terobosan sebagai upaya proaktif Polda NTT dalam meningkatkan jumlah masyarakat NTT yang telah divaksin," jelas Krisna dalam keterangan tertulis, Jumat.

Melalui kegiatan ini, Polda NTT meluncurkan kapal vaksin mobile Covid-19, yang selanjutnya akan digunakan sebagai pendukung vaksinasi di daerah pesisir dan pulau terluar yang sulit dijangkau jalur darat.

Krisna menyebut, penyuntikan vaksin dipimpin langsung Kabiddokes Polda NTT Kombes Sudaryono dan Karumkit Kompol Heri Purwanto berserta tim vaksinator Polda NTT yang berjumlah 20 orang.

Sebelum disuntik vaksin, warga menjalani pemeriksaan kesehatan, seperti pengukuran suhu, tekanan daerah, dan pengecekan 13 kriteria penyakit yang tak bisa mengikuti vaksinasi.

"Selanjutnya penyutikan vaksin Covid-19 pada lengan kiri dan diakhiri dengan observasi," kata dia.

Kegiatan ini, lanjut Krisna, bertujuan untuk mendukung program pemerintah serta implementasi program prioritas Kapolri dalam rangka mempercepat penanganan covid-19.

"Salah satunya pelaksanaan yakni vaksinasi," ujar dia.

"Proses penyuntikan vaksin selain di pesisir juga di atas kapal. Ya, karena memang tempatnya tidak memungkinkan untuk di pinggir. Jadi kita laksanakan di kapal ini. Jadi kita siapkan pelayanan untuk vaksinasi terapung," sambung Krisna.

Sementara itu, Camat Semau Yoel Laitabun mengapresiasi kebijakan Polda NTT tersebut.

"Terselenggaranya kegiatan ini sangat sekali membantu masyarakat Pulau Semau khususnya warga Desa Huilelot," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/30/175501178/jangkau-warga-pesisir-dan-pulau-terluar-polda-ntt-luncurkan-kapal-vaksin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke