Salin Artikel

Lewat Grebek Kampung, Dompet Dhuafa Bantu Kampung Halimun Cianjur

KOMPAS.com – Perwakilan dari Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa Mustaki menjelaskan, dipilihnya Kampung Halimun, Cianjur, Jawa Barat (Jabar) sebagai penerima manfaat Grebek Kampung Ramadhan karena daerah ini masih terisolir.

Selain itu, kata dia, kampung tersebut merupakan salah satu dusun yang cukup besar di Desa Mekar Jaya dengan penduduk mayoritas muslim.

“Grebek Kampung merupakan bentuk kegiatan di sebuah kampung dengan variasi program yang kami gelar, seperti pesantren kilat, dongeng ceria, buka bersama, pembagian sembako dan aktivitas lainnya," ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (28/4/2021).

Kegiatan tersebut sudah berjalan sejak Jumat (23/4/2021) dengan diawali dengan sahur bersama dan pesantren kilat. Kemudian, dilanjutkan dengan pembagian paket parsel Ramadhan, serta zakat fitrah sebanyak 160 paket.

Mustaki mengatakan, Grebek Kampung Ramadhan merupakan program Dhompet Dhuafa yang rutin diadakan saat bulan suci tiba.

“Kali ini Kampung Halimun, Desa Mekar Jaya, Cikalong Kulon, Cianjur, Jawa Barat menjadi tujuan tim Dompet Dhuafa untuk bertemu dengan penerima manfaat,” ucapnya.

Perlu diketahui, kampung yang dihuni oleh 47 kepala keluarga (KK) tersebut memiliki akses yang masih jauh dari kata layak.

Untuk memasuki kampung, hanya dapat dilalui sepeda motor yang sudah dimodifikasi khusus. Akses yang sangat sulit dilalui membuat warga Kampung Halimun seakan terisolir dari dunia luar.

Mustaki mengaku, Grebek Kampung Ramadhan banyak melibatkan masyarakat di setiap aktivitasnya. Mulai dari persiapan hingga pelaksanaan, masyarakat sangat berperan penting.

Dengan rangkaian aktivitas yang bervariasi, masyarakat pun ikut antusias untuk membantu kegiatan Grebek Kampung Ramadhan.

“Luar biasa masyarakat antusias dengan adanya Grebek Kampung Ramadhan. Mereka bersama-sama menyiapkan santap sahur dan berbuka,” jelas Mustaki.

“Begitu pula dengan anak-anak yang antusias mengikuti kegiatan pesantren kilat hingga dongeng ceria. Alhamdulillah lagi, kebaikan para donatur Dompet Dhuafa tersebut mendapat apresiasi dari tokoh masyarakat setempat,” sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Rukun Tetangga (RT) setempat Itang turut mengucapkan terima kasih dengan adanya kegiatan Grebek Kampung Ramadhan.

“Kami tidak bisa membalasnya dengan harta, tapi hanya doa kepada Allah Subhanahu wa ta'ala untuk membalas kebaikan para donatur Dompet Dhuafa agar berlipat ganda. Semoga dengan adanya kegiatan ini, Kampung Halimun lebih diperhatikan lagi ke depannya,” ucapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/28/12570251/lewat-grebek-kampung-dompet-dhuafa-bantu-kampung-halimun-cianjur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke