Salin Artikel

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, MUI Jatim Imbau Masyarakat Shalat Idul Fitri di Rumah

Hal itu lantaran kasus Covid-19 dinilai masih tinggi di Jawa Timur.

Imbauan tersebut disampaikan melalui tausiyah rangka menyambut Idul Fitri 1442 H di tengah masa pandemi Covid-19.

Dalam tausiyah itu, MUI Jawa Timur mengajak segenap umat Islam di Jatim menyempurnakan ibadah Ramadan dengan penuh khidmat.

"Namun dalam kewaspadaan tinggi terhadap potensi lonjakan kasus positif Covid-19, yakni dengan cara tetap mematuhi protokol kesehatan, mulai dari mencuci tangan, memakai masker, dan menjauhi kerumunan," kata Ketua MUI Jatim KH Mutawakkil Alallah dalam keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Rabu (28/4/2021).

Mutawakkil juga mengimbau seluruh umat Islam di Jatim melaksanakan shalat Idul Fitri di rumah agar tidak menimbulkan kerumunan.

"Kedua, mengimbau kepada seluruh umat Islam di Jawa Timur agar melaksanakan Shalat Idul Fitri di rumah bersama keluarga agar tidak menimbulkan kerumunan yang menimbulkan kerentanan terhadap penularan virus Covid-19," ujar dia.

Kemudian, ia mengajak umat Islam di Jatim untuk selalu berdoa agar pandemi ini bisa segera berakhir.

"Ketiga, mengajak seluruh umat Islam di Jawa Timur untuk memperkuat do’a untuk keselamatan bersama dari ancaman, khususnya, pandemi Covid-19 serta agar pandemi dimaksud segera usai," tutur dia.

Tausiyah oleh MUI Jatim ini dibuat berdasarkan adanya potensi lonjakan kasus positif Covid-19, seperti terjadi di beberapa belahan dunia, salah satunya di India.

Selain itu, tausiyah ini juga merujuk pada imbauan MUI pusat, yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal MUI, Dr. H. Amirsyah Tambunan, M.A. pada konferensi pers virtual Jumat (23/04/2021).

https://regional.kompas.com/read/2021/04/28/124954878/kasus-covid-19-masih-tinggi-mui-jatim-imbau-masyarakat-shalat-idul-fitri-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke