Salin Artikel

Sidak Pusat Perbelanjaan, Pemkot Solo Temukan Makanan Kedaluwarsa

SOLO, KOMPAS.com - Tim gabungan dari Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dispertan, Disperin dan Polresta Solo melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa distributor makanan di Solo, Selasa (27/4/2021).

Kabid Data dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Solo Sri Rahayu Susilowati menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai pengawasan keamanan pangan selama Ramadhan dan menjelang Lebaran 2021.

Sri Rahayu mengatakan, pada bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran peredaran pangan biasanya lebih banyak dibandingkan dengan bulan lainnya.

"Sehingga memungkinkan kondisi makanan yang tidak aman beredar di pasaran," kata dia, Selasa.

Menurut dia, ada dua tim yang diterjunkan dalam pengawasan makanan.

Tim pertama diterjunkan ke pusat perbelanjaan di kawasan Gading, pusat oleh-oleh di sepanjang jalan kawasan Pasar Kliwon, dan pusat perbelanjaan di kawasan Jalan Yosodipuro.

Kemudian tim kedua melaksanakan pengawasan distributor makanan di kawasan utara Solo yakni, Mojosongo, Jebres dan satu distributor makanan di Jagalan.

"Beberapa hal yang kita pantau adalah masa kadaluwarsa makanan, makanan yang lebih dari tujuh hari harus ada label kadaluwarsa," ungkap dia.

Dari hasil pemantauan itu, tim gabungan menemukan beberapa makanan tidak ada label masa kedaluwarsa dan makanan yang sudah kedaluwarsa tetapi masih dijual.

"Kita mendapatkan makanan kemasan yang masa kadaluwarsanya lewat harusnya tidak lagi ditempatkan dipenjualan makanan. Sudah harus disisihkan terus dimusnahkan," kata dia.

Dikatakannya, hasil temuan tersebut akan dikoordinasikan dengan manajemen agar dimusnahkan.

"Walau tidak banyak jumlahnya semoga ini hanya karena human error saja. Sehingga menjadi evaluasi dan pengalaman baik bagi manajemen," terang dia.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/27/192501178/sidak-pusat-perbelanjaan-pemkot-solo-temukan-makanan-kedaluwarsa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke