Salin Artikel

Fasilitas Super Wifi Dibangun di 3 Sekolah di Manggarai Timur, Ini Respons Kepsek hingga Siswa

Sekolah tersebut sedikit kesulitan menyelenggarakan ujian sekolah berbasis digital (USBD) karena kesulitan jaringan internet.

Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo mendirikan fasilitas internet super wifi di tiga sekolah, yakni SMPN 4 Kota Komba di Desa Gunung, SMPN Satu Atap Munde di Desa Komba, dan SMP Satu Atap Mesi di Desa Ranakolong.

Siswi SMP Satu Atap Munde, Oktaviani Kresinta Bela mengatakan, mereka senang dengan fasilitas baru tersebut. Wifi di sekolah itu juga sudah bisa digunakan siswa dan guru.

"Senang. Bahagia. Puji Tuhan. Merasa bersyukur karena mendapatkan bantuan super Wifi Terima kasih kepada Menteri Kominfo RI, Johny G Plate atas respons yang cepat dengan membangun super wifi di sekolah," jelas Oktaviani kepada Kompas.com, Sabtu (24/4/2021).

Siswi lainnya, Firmania Nadia Damdau mengatakan, koneksi internet di sekolah itu sangat cepat setelah fasilitas itu dibuat.

"Saya dan teman-teman memakai handphone android hari ini, Sabtu, (24/4/2021), koneksi wifi sangat cepat. Saya dan teman-teman sudah uji coba hari ini dan hasilnya, koneksi wifi-nya sangat cepat," kata dia.

Siswa yang pernah berbicara langsung dengan Menteri Komunikasi dan Informatika pada Jumat (23/4/2021), Castigo Maria De Quirino mengapresasi koneksi internet dari fasilitas yang dibangun itu.

"Hari ini sudah uji coba koneksi wifi di dalam ruang kelas dan di luar ruangan dengan baik. Saya berharap ada kelengkapan lainnya seperti laptop dan komputer di sekolah SMP Satap Munde. Saya sudah tamat dan berharap adik kelas bisa memakai internet. Adik lebih baik lagi ke depan, sekolah dan pemerintah dengan memakai jaringan internet ini," katanya.

Kepala Sekolah SMP Satap Munde, Robertus Jani menambahkan, sekolanya mengalami gangguan jaringan internet saat ujian sekolah berbasis digital digelar pada Rabu (14/4/2021).


Pihak sekolah lalu mencari lokasi yang memiliki sinyal internet baik di bukit tikungan Siku Ara.

Setelah diperiksa, sinyal 4G bisa diakses di lokasi itu, ujian pun digelar di sana.

"Tak terduga Camat Kota Komba, Ibu Regina Malon mendengar informasi itu dan saat itu ada tiga wartawan yang pulang liputan di bukit Wokonggoro. Di bukit itu SMPN 04 Kota Komba melaksanakan USBD. Lalu Ibu Camat bersama tiga wartawan itu langsung ke lokasi bukit Tikungan Siku Ara. Saat itu kami terkejut. Kemudian situasi itu diberitakan secara luas," jelasnya.

Setelah diberitakan secara luas, salah satu guru melihat sebuah truk pengangkut pasir berhenti di sekolah.

Robertus tak menyangka, ternyata sekolahnya mendapat bantuan super wii dari Kemenkominfo. Ia pun mendapat telepon dari Dinas Kominfo Kabupaten Manggarai Timur.

"Selanjutnya datang teknisi yang mau memasang tower dan perangkat Super WIFI. Mencari lokasi untuk memasang tower kecil," kata dia.

Pemasangan super wifi dilakukan hingga Sabtu (24/4/2021). Setelah diuji coba, koneksi internet dari fsilitas itu sangat bagus.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kemenkominfo RI, wartawan, Camat Kota Komba dan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur. Kami siap menjaga peralatan super wifi ini," jelasnya.

Kepala SMP Satu Atap Mesi Baltasar Rana juga terkejut dengan bantuan dari Kemenkominfo. Baginya, fasilitas itu merupakan rezeki bagi sekolah tersebut.


Kepala SMPN 04 Kota Komba Fidelis Ambon menjelaskan, pihaknya kagum dengna kinerja Kemenkominfo yang cepat menanggapi kebutuhan masyarakat.

"Mereka sangat bangga dengan secepat ini mendapatkan bantuan super wifi dari Kemenkominfo RI. Mereka tidak membayangkan sebelumnya bahwa sekolah mereka mendapatkan bantuan super wifi," jelasnya kepada Kompas.com, Sabtu.

Menurut Fidelis, tak cuma siswa dan guru, warg sekitar juga mencoba fasilitas wifi tersebut. 

"Tadi saat on air koneksi wifi, warga masyarakat juga mencoba dengan handphone androidnya dan koneksi wifinya sangat bagus," ucapnya.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Manggarai Timur, Bonifasius Sai mengatakan, pembangunan tiga super wifi telah dilakukan di Kecamatan Komba.

Sehingga, terdapat 17 fasilitas internet super wifi yang tersebar di sejumlah kecamatan di Manggarai Timur. Selain itu, terdapat 66 BTS yang akan dibangun di Manggarai Timur.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur berterima kasih kepada pemerintah pusat atas fasilitas jaringan internet," katanya di Desa Nanga Labang, Jumat (23/4/2021).

https://regional.kompas.com/read/2021/04/26/104059378/fasilitas-super-wifi-dibangun-di-3-sekolah-di-manggarai-timur-ini-respons

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke