Salin Artikel

Pemerintah Pusat Larang Mudik, Tiap Hari 2.000 Warga Mudik Awal ke Wonogiri

WONOGIRI, KOMPAS.com-Sebanyak 2.000 hingga 3.000 orang dilaporkan melakukan mudik awal ke Kabupaten Wonogiri pascapemerintah pusat mengumumkan larangan mudik sebelum dan sesudah lebaran 2021.

“Setelah pemerintah mengumumkan ada pelarangan mudik tanggal 6 sampai 16 Mei 20212 dipastikan ada yang curi start mudik awal. Jumlahnya banyak sekali,” kata Bupati Wonogiri Joko Sutopo kepada Kompas.com, Selasa (20/4/2021).

Pria yang akrab disapa Jekek itu menyatakan total warga yang melakukan mudik awal masih dalam pendataan. Namun setiap hari fluktuasi warga yang pulang ke Wonogiri mencapai 2.000 hingga 3.000 orang sejak pemerintah mengumuman pelarangan mudik Lebaran.

“Sudah cukup ada kenaikan yang lumayan besar. Kalau kesehaariannya jumlah antara 2.000 sampai 3.000 orang yang masuk (Wonogiri),” kata Jekek.

Terhadap fakta itu, Jekek menginstruksikan kepada seluruh camat, kepala desa hingga RT/RW untuk fokus pencegahan penularan Covid-19 dengan banyaknya warga yang mudik awal.

Salah satunya dengan menyiapkan seluruh fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan dan perangkat desa.

Bagi Jekek, peran RT/RW dan tokoh masyarakat menjadi penting untuk mencegah penularan Covid-19 dari klaster pemudik.

Untuk itu, dalam waktu dekat ia akan mengundang kades dan camat terkait kebijakan komitmen dan monitoring pemudik.

Bagi warga terlanjur mudik awal, diarahkan untuk segera menuju fasilitas kesehatan terdekat untuk dilakukan pengetesan swab antigen. Bagi yang terkonfirmasi dalam kondisi tanpa gejala dilakukan isolasi mandiri.

Sementara bagi pemudik yang positif Covid-19 dengan kondisi bergejala dan memiliki penyakit bawaan langsung diisolasi di rumah sakit terdekat.

Dari langkah itu, hingga kini belum dilaporkan kenaikan kasus positif Covid-19 yang berasal dari klaster pemudik.

Saat ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mengalami penurunan .

Ia menduga landainya jumlah warga yang terkonfirmasi positif lantaran kesadaran warga menerapkan prokes semakin tinggi.

Apalagi selama setahun lebih warga sudah diedukasi berulang-ulang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat melakukan mobilisasi keluar rumah.

“Semestinya satu tahun menjadi pembelajaran semua pihak untuk terbangun satu kesadaran taat menerapkan protokol kesehatan.

Ia menambahkan saat ini Wonogiri masuk zona oranye dalam persebaran Covid-19. Data terbaru, terdapat penambahan 19 kasus pada Senin (19/3/2021) dengan total kasus terkonfirmasi positif mencapai 3.595 kasus di bumi gaplek.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/20/222334978/pemerintah-pusat-larang-mudik-tiap-hari-2000-warga-mudik-awal-ke-wonogiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke