Salin Artikel

Pengikut Islam Aboge di Banyumas Akan Mulai Puasa Ramadhan Besok

Hal itu berdasarkan penghitungan yang mereka anut yaitu, Alif Rebo Wage atau biasa disebut dengan Aboge.

"Sekarang tahun Jim Akhir jatuhnya pada hari Jumat Wage (patokannya awal bulan Muharram). Maka awal Ramadhan dihitung menggunakan rumus Donemro (Romadhon enem loro) atau Ramadhan enam dua," kata Juru Bicara Islam Aboge Susanto, Selasa (13/4/2021).

Artinya, jelas Susanto, awal Ramadhan jatuh pada hari keenam dari Jumat dan pasaran kedua dari Wage. Sehingga awal Ramadhan jatuh pada hari Rabu Kliwon, 14 April 2021.

"Jadi malam ini baru akan mulai melaksanakan shalat tarawih," ujar Susanto.

Lebih lanjut Susanto mengatakan, di Banyumas terdapat sejumlah daerah yang menggunakan penghitungan Aboge, antara lain di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon.

Kemudian di Desa Kracak dan Tipar Kidul, Kecamatan Ajibarang.

"Meski beda penghitungan, tapi untuk ibadahnya tetap sama saja, yang membedakan hanya penghitungan waktunya saja," kata Susanto.

Menurut Susanto, dalam Aboge penghitungan berdasarkan delapan tahun atau sewindu. Satu windu terdiri atas tahun Alif, Ha, Jim, Awal, Za, Dal, Ba/Be, Wawu, dan Jim akhir.

Sementara, dalam satu tahun terdiri 12 bulan dan satu bulan terdiri atas 29-30 hari. Adapun nama pasaran berdasarkan perhitungan Jawa, yaitu Pon, Wage, Kliwon, Legi, dan Pahing.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/13/190126978/pengikut-islam-aboge-di-banyumas-akan-mulai-puasa-ramadhan-besok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke