Salin Artikel

Bio Farma Bidik Pasar Eropa Timur Melalui Hannover Messe 2021

Ini ditandai dengan keikutsertaannya dalam Hannover Messe 2021 secara virtual pada 12-16 April 2021.

Hannover Messe merupakan pameran internasional terbesar dunia untuk teknologi industri, yang telah berjalan selama 74 tahun.

"Kami memperkenalkan produk Bio Farma seperti vaksin, antisera dan kit diagnostik," ujar Sekretaris Perusahaan Bio Farma Bambang Heriyanto dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Selain produk, Bio Farma memperkenalkan inovasi mBioCov-19, sebagai jawaban untuk trend demand after Covid-19 yang diprediksi akan beralih ke produk yang berbasis diagnosis.

Menurut Bambang, Bio Farma juga menampilkan inovasi dalam bidang proses bisnis berupa penerapan Bio Tracking dan Bio Detect pada pendistribusian vaksin.

Ini solusi digital yang dikembangkan Bio Farma, yang merupakan bagian dari strategi transformasi perusahaan yang sudah dimulai sejak 3 tahun lalu.

Vaksin merupakan salah satu produk biofarmasi yang sensitif terhadap perubahan suhu.

Untuk itu, vaksin menerapkan 2D data matrix dalam kemasan primer, sekunder, dan tersier untuk memastikan identifikasi dan keaslian produk.



Bio Farma juga menerapkan teknologi internet of things (IoT) dengan memasang sensor suhu dan GPS (global position system) pada kendaraan angkutan vaksin berpendingin.

Dengan begitu, suhu ruang penyimpanan vaksin dalam kendaraan dan posisi pergerakan kendaraan selama perjalanan dapat dipantau secara real time di command center yang ditempatkan di Holding BUMN Farmasi.

“Informasi yang ditampilkan di command center ini juga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pihak-pihak terkait sesuai dengan kewenangan guna menjamin kualitas dan keamanan vaksin, serta disebarkan sesuai alokasi secara cepat, efektif, dan efisien," ujar Bambang.

Dengan mengikuti pameran ini, ia berharap Bio Farma dapat memperluas target pasarnya.

Bio Farma juga membidik wilayah-wilayah Asia, terutama Asia Tengah, Afrika, dan Amerika Latin.

Mereka mengutamakan kerja sama bilateral yang sebelumnya telah terjalin secara multilateral dengan UN agencies (UNICEF).

"Kami berharap dapat memperluas pangsa pasar ke negara-negara di benua Eropa, khususnya wilayah Eropa Timur, menitikberatkan kerja sama bilateral yang sebelumnya telah terjalin dengan UN agencies," kata Bambang.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/13/172644178/bio-farma-bidik-pasar-eropa-timur-melalui-hannover-messe-2021

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke