Salin Artikel

Tak Terima Kunjungan, Rutan Blora Hanya Layani Video Call untuk Tahanan

BLORA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 dirasakan betul oleh para penghuni rutan, terutama warga binaannya.

Mereka tidak diperbolehkan untuk bertatap muka dengan keluarganya. Larangan tersebut hampir dirasakan setahun lamanya.

Kepala Rutan Blora Dedi Cahyadi mengatakan, larangan bagi keluarga untuk bertemu dengan tahanan memang sudah diterapkan sekitar setahun lamanya.

"Jadi untuk sementara waktu semenjak pandemi ini untuk kunjungan kami tutup dan ini berlaku seluruh Indonesia," ucap Dedi Cahyadi saat ditemui Kompas.com di kantornya, Selasa (6/4/2021).

"Kami menyikapi untuk tetap berhubungan dengan keluarga, kami membuka video call. Jadi dari pagi sampai sore itu mereka diizinkan untuk menghubungi keluarga," ujarnya.

Menurutnya, layanan tersebut dibuka mulai pukul 09.00 sampai pukul 15.00 pada hari Senin sampai Sabtu.

"Sama seperti telepon pada umumnya, ini kita siapkan satu tempat. Nanti kalau ada yang berkeinginan untuk video call dengan keluarga, nanti mereka didata jam berapa video call. Itu disediakan dan mereka bergantian untuk ke meja mereka video call. Ada tiga perangkat komputer kita siapkan," jelasnya.

Selain itu, apabila ada sanak keluarga yang nekat untuk mendatangi rutan, pihak rutan hanya mengizinkan mereka untuk menitipkan barang ataupun makanan yang dibawanya.

"Jadi di depan kita sediakan petugas sama tempat pemeriksaan. Jadi ketika mereka datang, mereka mendaftar, dan didata oleh petugas di situ. Kemudian diperiksa barang-barang bawaannya, baru (barangnya) diantarkan ke dalam," jelasnya.

Diketahui, jumlah tahanan yang ada di rutan Blora totalnya 126 orang. Mereka terdiri dari tahanan kasus narkotika, kasus pembalakan liar, hingga korupsi.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/07/083833778/tak-terima-kunjungan-rutan-blora-hanya-layani-video-call-untuk-tahanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke