Salin Artikel

37 Santriwati Ponpes Solo Jalani Karantina di Asrama Haji Donohudan, 9 Sudah Negatif

SOLO, KOMPAS.com - Puluhan santri salah satu pondok pesantren (ponpes) putri di Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah, terkonfirmasi virus corona (Covid-19).

Camat Pasar Kliwon Ari Dwi Daryanto membenarkan adanya puluhan santriwati terinfeksi virus corona.

Dia menceritakan, awalnya ada salah satu guru pondok yang terinfeksi virus corona. Karena bergejala akhirnya dirawat di salah satu rumah rujukan Covid-19 di Solo.

"Dari informasi awalnya ada satu ustazah pondok yang sakit positif Covid-19. Kemudian kita lakukan tracing ada 37 santriwati yang tertular," kata Ari saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (1/4/2021).

Menurut Ari, 37 santriwati yang tertular sudah dibawa ke Asramahaji Donohudan, Boyolali, untuk menjalani karantina karena berstatus orang tanpa gejala (OTG).

"Tapi sembilan santri sudah pulang karena negatif hasilnya. Di sana tinggal 28 santri yang karantina," terang dia.

Pascakejadian itu, semua aktivitas pondok tersebut dihentikan sementara guna sterilisasi agar kasus tidak semakin meluas.

Di samping itu, jelas Ari, pemantauan dan pengawasan juga terus dilakukan mengingat sebagian besar santri berasal dari luar Solo.

"Kebanyakan santri ini dari luar Solo. Kemarin bersama Muspika sepakat dihentikan dulu walaupun di sana ada santri," terang dia.

Selama aktivitas pondok dihentikan, pihaknya kembali melakukan tracing kontak lanjutan.

Hasilnya, ada sebanyak 59 orang baik santri maupun ustaz dan ustazah pondok menjalani tes swab.

"Kemarin ada tracing lanjutan sekitar 59 santriwati sama ustaz dan ustazahnya di-swab. Hasilnya menunggu besok," kata dia.

Ari mengimbau, kepada masyarakat di Kecamatan Pasar Kliwon terutama di sekitar kawasan pondok untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Dengan menerapkan prokes ketat seperti memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun akan mempersempit terjadinya penularan Covid-19.

Terpisah, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, terkait adanya santriwati yang terkonfirmasi Covid-19 semuanya sudah dibawa ke Asramahaji Donohudan.

Menurut Gibran, penerapan prokes ketat sangat penting dilakukan.

Dirinya juga mengingat kepada para guru untuk memberikan contoh baik dalam penerapan prokes.

"Kita tetap observasi, kita tidak akan terburu-buru. Semuanya simulasi, uji coba kita konitor semua. Makanya kemarin ada guru yang tidak pakai masker langsung saya tegur," terang Gibran.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/01/115540478/37-santriwati-ponpes-solo-jalani-karantina-di-asrama-haji-donohudan-9-sudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke