Salin Artikel

Minta Warganya Tak Piknik di Tengah Pandemi, Ganjar: Kita Mesti Punya Sense of Crisis

Sebab, hal tersebut dapat membahayakan diri sendiri dan orang sekitar mengingat potensi penularan Covid-19 masih tinggi.

Ganjar berpesan apabila tidak memiliki kepentingan mendesak lebih baik tetap tinggal di tempatnya masing-masing.

Hal tersebut merespons adanya kasus pasangan suami istri (pasutri) di Kabupaten Tegal yang terpapar positif Covid-19.

Sang istri sempat mengikuti rombongan piknik Dharma Wanita Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dengan bus hingga ke Pemalang.

Bahkan, sang suami yang merupakan pegawai negeri sipil (PNS) di Pemerintah Kabupaten Tegal dinyatakan meninggal dunia.

"Sekali lagi acara-acara yang tidak terlalu penting mohon maaf apakah itu mungkin dari ASN perlu studi banding rame-rame atau tidak, enggak usahlah seperti itu. Kita mesti punya sense of crisis kalau piknik-piknik hilangkanlah seperti itu," kata Ganjar di Gedung Gradhika Bakti Praja, Kompleks Kantor Gubernur, Rabu (31/3/2021).

Apabila memang harus meninggalkan tempat atau pergi keluar kota karena bertugas, warga diminta wajib melapor ke pimpinan instansi masing-masing.


Terutama aparatur sipil negara (ASN) yang hendak bepergian atau tugas keluar kota wajib meminta izin kepada pimpinannya masing-masing.

Hal tersebut dilakukan agar bisa dilakukan pengawasan terhadap ASN yang bepergian untuk menghindari terjadinya penularan Covid-19.

"Saya minta wabil khusus yang ASN agar ketika meninggalkan tempat aturannya mesti lapor sama pimpinan agar kita bisa melakukan kontrol," ucapnya.

Ganjar meminta proses tracing kontak erat untuk kasus Covid-19 yang di Kabupaten Tegal diminta untuk dilakukan perluasan.

"Saya minta layernya jangan terlalu sedikit layernya kalau perlu tidak hanya layer satu mereka berhubungan tapi layer duanya mereka berhubungan dengan siapa," jelasnya.

Ganjar juga meminta kepada warganya untuk memperketat protokol kesehatan agar tidak tertular Covid-19.

"Maka kita akan coba tertibkan. Kemarin yang beberapa coba hubungi kita saya minta untuk dipandu satu-satu agar semua tertib," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/31/180850878/minta-warganya-tak-piknik-di-tengah-pandemi-ganjar-kita-mesti-punya-sense

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke