Salin Artikel

Kronologi Terbongkarnya Mahasiswi di Tasikmalaya Sembuyikan Mayat Bayi yang Baru Dilahirkannya di Lemari

KOMPAS.com - Seorang mahasiswi di Tasikmalaya, Jawa Barat, berinisial FY (21), warga Kecamatan Karangnunggal, tega membunuh bayi berjenis kelamin laki-laki yang baru dilahirkannya seorang diri di kamarnya, Rabu (24/3/2021) pagi.

Usai membunuh darah dagingnya, pelaku kemudian menyembunyikan mayat bayi tersebut dalam lemari pakaiannya dengan dibungkus celana hitam.

Kepala Unit Reskrim Polsek Karangnunggal Polres Tasikmalaya Aipda Asep Cahyana mengatakan, mayat bayi itu ditemukan saat salah satu saudaranya hendak mengambil pakaian milik FY seusai mengantarnya ke Puskesmas Karangnunggal.

Saat membuka lemari pakaian FY, lanjut Asep, saudaranya menemukan celana hitam yang sudah bersimbah darah.

"Saat dibuka ternyata mayat bayi yang disembunyikan di lemari pakaian dan sudah tak beryawa. Jenis kelaminnya laki-laki," kata Asep di ruang Kamar Mayat RSUD Soekardjo Kota Tasikmalaya, Rabu siang.

Kata Asep, dari keterangan para saksi, FY ini melahirkan sendiri di kamarnya.


Awalnya kakeknya mendengar benda jatuh dari kamar FY pada Rabu dini hari.

Mendengar itu, lanjut Asep, sang kakek lantas memeriksa ke kamar cucunya dan melihat tubuh FY tergolek menghalangi pintu kamarnya. Saat itu, sang kakek juga melihat simbahan darah.

"Kakeknya meminta bantuan saudara lainnya untuk mengevakuasi pelaku untuk dibawa ke Puskesmas. Di sana belum diketahui ada mayat bayi di lemari," ujarnya.

Kata Asep, saat dilakukan pemeriksaan terhadap pelaku, ia mengakui perbuatannya dan dengan sengaja menyembunyikan mayat bayi tersebut dalam lemari setelah melahirkan sendiri di kamarnya.

Saat ini, sambung Asep, mayat bayi sudah dibawa ke kamar mayat RSUD Soekardjo Kota Tasikmalaya.

"Sedangkan pelaku masih menjalani perawatan di Puskesmas Karangnunggal karena masih kondisinya lemah seusai melahirkan," ungkapnya.

Menurut Asep, FY selama ini tinggal di kos-kosan di kawasan Kota Tasikmalaya yang berada dekat kampusnya.

Namun, FY pulang ke rumah kakeknya setelah kegiatan perkuliahan dilakukan secara online selama pandemi virus corona.

(Penulis : Kontributor Tasikmalaya, Irwan Nugraha | Editor : Aprilai Ika)

https://regional.kompas.com/read/2021/03/24/181807078/kronologi-terbongkarnya-mahasiswi-di-tasikmalaya-sembuyikan-mayat-bayi-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke