Salin Artikel

Piala Menpora di Stadion Maguwoharjo Sleman Tanpa Penonton, Polisi Akan Tahan Suporter Nekat

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Stadion Maguwoharjo, Sleman menjadi lokasi penyelenggaraan Piala Menpora 2021 untuk Grup D.

Polda DIY akan melakukan penjagaan ketat penyelenggaraan Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo karena pandemi Covid-19 belum berakhir.

Ada empat tim di grup D yang akan bertanding di Stadion Maguwoharjo, Sleman,yakni Bali United, Persib Bandung, Persita Tangerang, dan Persiraja Banda Aceh.

"Ada empat tim yang bertanding dan hari ini kita menerima pernyataan sikap dari seluruh manager, penyelenggara," ujar Wakapolda DIY Brigjen Pol R Slamet Santoso usai acara pernyataan sikap di Mapolda DIY, Selasa (23/3/2021).

Slamet Santoso menyampaikan, dalam pernyataan sikap, penyelanggara maupun manager tim berkomitmen akan menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

Selain itu, pertandingan akan dilaksamakan di Stadion Maguwoharjo tanpa penonton.

"Jadi disampaikan kepada seluruh masyarakat, pertandingan ini tanpa penonton," tegasnya.

Polda DIY dan jajaran, lanjutnya, sudah menyiapkan pengamanan untuk penyelenggaraan Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Pengamanan dilakukan di tingkat wilayah baik tertutup maupun terbuka.

"Kami sudah mempersiapkan segala hal pengamanan tertutup, pengamanan terbuka, maupun pengamanan rute lokasi parkir. Pengamanan di tempat penginapan dari masing-masing tim," jelasnya.

Slamet Santoso menuturkan, saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19 sehingga masyarakat maupun suporter diharapkan tidak datang ke stadion.

"Perkembangan pandemi di wilayah Yogya hari ini masih belum stabil, kadang naik, kadang turun," ucapnya.

Pihaknya juga sudah siap mengantisipasi jika ada suporter yang nekat datang ke Stadion Maguwoharjo Sleman. Bahkan, siapa saja yang berada di area stadion sudah terdata.

"Kita siap untuk kita tahan supaya tidak ada yang masuk ke sana (stadion). Data nama-nama yang ada di sekitar lapangan maupun sekitar stadion itu sudah ada," bebernya.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Grup D Piala Menpora 2021, Tri Mulyanta mengatakan manager tim dan panpel telah menandatangani pernyataan sikap.

Isinya menjunjung tinggi sportivitas, memelihara situasi keamanan dan ketertiban baik di dalam stadion maupun di luar stadion.

Kemudian mentaati protokol kesehatan dan tidak menghadirkan suporter.

"Apabila di kemudian hari terjadi hal-hal yang melanggar hukum, maka kami siap menerima sanksi hukum sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku," jelasnya.

Seperti diketahui laga grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman akan mulai digelar pada Rabu (24/3/2021) sore.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/24/110924678/piala-menpora-di-stadion-maguwoharjo-sleman-tanpa-penonton-polisi-akan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke