Salin Artikel

Ini 22 Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Kota Tegal

TEGAL, KOMPAS.com - Sistem tilang elektronik atau elektronic traffic law enforcement (ETLE) mulai berlaku di Kota Tegal, Jawa Tengah.

Sedikitnya ada 22 kamera CCTV terpasang di perempatan Jakarta, Gili Tugel, Simpang Maya, dan pertigaan Yogyakarta.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo didampingi Kasatlantas AKP Nur'aini Rosyidah mengatakan, ETLE itu merupakan satu sarana baru untuk melakukan penindakan secara elektronik.

"Tanpa ada petugas di lapangan, penindakan bisa dilakukan. Bukti tilang dan dokumentasi pelanggarannya dikirim ke rumah pelanggar," kata Rita saat meninjau ruang monitoring ETLE di Mapolres Tegal Kota, Rabu (24/3/2021).

Rita memastikan, kesiapan sarana dan prasarana untuk mendukung penerapan tilang elektronik, salah satunya adalah CCTV.

Menurutnya, untuk menyukseskan tilang ETLE, Polres Tegal Kota berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan untuk membenahi sarana prasarana termasuk rambu dan marka jalan.

"Jangan sampai kita lakukan penindakan tapi sarana prasarana masih belum jelas, seperti tadi marka-nya ada yang sudah hilang garisnya karena hujan ini harus dibenahi," kata Rita.

Rita menuturkan, jenis pelanggaran yang akan ditilang yakni melanggar rambu dan marka, batas kecepatan, tidak menggunakan sabuk keselamatan, serta menggunakan ponsel saat berkendara.

"Jenis pelanggaran yang ditindak sesuai Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan," terangnya.

Untuk tahap awal sosialisasi juga akan terus dilakukan kepada masyarakat sehingga semakin memiliki kesadaran untuk tertib berlalu lintas.

"Sambil berjalan kita lakukan skala prioritas mana yang perlu ditindak mana yang tidak," katanya

Dirinya juga melibatkan Bhabinkamtibmas untuk dibekali pemahaman tilang elektronik hingga bisa disampaikan langsung ke masyarakat.

"Sosialisasi dengan memberdayakan semua komponen, seperti Bhabinkamtibmas pun akan kita bekali dengan pengetahuan dan juga beberapa media untuk memahamkan masyarakat terkait ETLE yang kita berlakukan," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/24/080130978/ini-22-lokasi-kamera-tilang-elektronik-di-kota-tegal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke