Salin Artikel

Vaksin Covid-19 di Sumsel Habis Terpakai Sebelum Kedaluwarsa

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Lesty Nuraini memastikan seluruh vaksin tahap pertama yang dikhususkan untuk tenaga kesehatan (nakes) sudah habis terpakai sebelum masuk kedaluwarsa.

"Yang kedaluwarsa 20 Maret ini semuanya sudah digunakan sehingga tidak ada yang tersisa," kata Lesty kepada wartawan, Sabtu (20/3/2021).

Lesty mengungkapkan, vaksin yang diberikan kepada masyrakat saat ini tetap aman.

"Kami pastikan vaksin yang sekarang tidak ada yang kedaluwarsa, masyarakat jangan takut. Kami juga mengupayakan agar masyarakat yang menerima vaksin dilakukan tepat waktu," ujarnya.

Menurut dia, sampai saat ini cakupan penerima vaksin untuk tenaga kesehatan mencapai 90 persen, pelayanan publik 12 persen dan lansia 2,1 persen.

"Kami targetkan pelayanan publik dan lansia selesai pada Mei 2021 nanti. Permasalahan vaksinasi lansia lambat karena permasalahan kondisi kesehatan, sehingga saat di-screening harus berulang,"jelasnya.

Sementara itu, Kasi Surveilance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Yusri menambakan, ia telah melakukan pendataan ke seluruh dinas kesehatan kabupaten/kota terkait vaksinasi.

Hasilnya, seluruh vaksin tahap pertama untuk nakes yang dikirimkan telah habis digunakan.

"Jadi semuanya terserap, tidak ada yang kedaluwarsa. Yang kedaluwarsa tanggal 20 Maret itu vaksin tahap pertama untuk nakes," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/20/122226278/vaksin-covid-19-di-sumsel-habis-terpakai-sebelum-kedaluwarsa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke