Salin Artikel

Jadi Perhatian Dunia gara-gara Dipuji Mike Portnoy, Deden Jelaskan Arti "Pasti Gajian" di Simbal Drumnya

Dalam akun YouTubenya Deden Noy, bila diperhatikan secara seksama alat drum dari barang bekas milik Deden tidak saja unik dari bahan tak terpakai.

Namun terdapat dua simbal drum yang dibuat dari seng kukusan nasi bertuliskan pada simbal sebelah kiri "Pasti" plesetan merek simbal ternama "Paiste" lalu sebelah kanan "Gajian" plesetan dari Sabian.

"Iya, itu plesetan saja dari merek-merek simbal ternama, namun lebih dari itu. Pasti Gajian itu adalah semacam doa agar rejeki terus mengalir pada keluarga saya," kata Deden saat dihubungi Kompas.com, Kamis (18/3/2021).

Perjalanan hidup Deden penuh dengan perjuangan Selesai tamat SLTA sekitar tahun 2010 ia bekerja sebagai pemulung.

"Siang malam saya mencari sampah bekas untuk dijual. Di daerah saya tak bisa mencari nafkah mengandalkan keahlian bermain drum," ujarnya sambil tertawa. Pada tahun 2016 ia katakan harga sampah dari hasil memulung murah, Deden semakin bingung untuk bertahan hidup.

Deden banting setir menjadi pemain organ tunggal panggilan pada pesta pernikahan. Saat memutuskan jadi pemain organ panggilan Deden membeli organ mainan seharga Rp 100.000 untuk latihan.

"Saya belajar organ tunggal dari organ mainan harga Rp 100.000. Dari sana saya bisa main organ tunggal di pesta pernikahan sebagai pedapatan keluarga saya," jelas Deden.


Pandemi covid-19 mengakibatkan jasa bermain organ tunggal Deden tidak lagi terpakai. Terlebih saat pemerintah mengetatkan aturan untuk mencegah penularan Covid-19 dari pesta pernikahan.

"Job organ tunggal sepi, pendapatan rumah tangga sempat tersendat," kata Deden.

Terimbas Covid-19, jadi tukang servis ponsel Tuhan memang memberikan banyak talenta pada Deden, saat kemampuan bermain organ tunggal tak bisa mendatangkan uang lagi karena Covid-19, ia kembali merubah haluan membuka servis ponsel, jualan pulsa dan jual beli ponsel.

"Saat ini saya bertahan hidup dari jual pulsa, servis HP," ungkapnya.

Deden dikaruniai dua orang buah hati hasil pernikahannya.

Nama Deden Pramana perlahan dikenal, berkat unggahannya di kanal YouTube dengan bermain drum menggunakan barang bekas. Sejumlah band papan atas dunia ia mainkan dengan drumnya.

"Saya menyukai drum, makanya konten youtube saya semuanya tentang main drum," demikian Deden.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/19/090000778/jadi-perhatian-dunia-gara-gara-dipuji-mike-portnoy-deden-jelaskan-arti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke