Salin Artikel

Mudik Lebaran 2021 Tak Dilarang, HB X Minta Jumlah Hari Libur Dikurangi

Hanya saja, HB X meminta agar jumlah hari liburnya dikurangi.

"Saya lebih cenderung tidak dilarang tetapi jumlah harinya (libur) dipotong. Misalnya kemarin (tahun-tahun lalu) bisa lima hari hingga satu minggu, sekarang tidak usah seperti itu. Silaturahminya dua hari saja selesai," ucap Sultan HB X saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Rabu (17/3/2021).

HB X menganggap, semakin sedikitnya hari libur maka mobilitas orang bakal makin berkurang.  Hal itu diharapkan dapat menekan laju penularan Covid-19.

Hingga kini, warga DIY dianggap belum bisa beraktivitas normal seperti sebelum virus corona mewabah.

Apalagi penambahan kasus baru orang terjangkit Covid-19 di DIY masih fluktuatif.

"Belum waktunya kita menumbuhkan kondisi normal karena masih fluktuatif lebih baik kita bisa mengontrol diri kita sendiri," sebut HB X.

Pada masa mudik Idul Fitri 2021, HB X juga berencana mengawasi orang yang masuk ke DIY. Namun, pengawasan itu akan dilakukan jika ada izin dari pemerintah pusat.

Sebagai informasi, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyatakan pemerintah tidak melarang mudik Lebaran 2021.

Tak dilarangnya mudik karena akan ada mekanisme protokol kesehatan ketat yang disusun bersama Tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Salah satunya, Kementerian Perhubungan dan Satgas Covid-19 akan berkoordinasi dalam hal tracing kepada masyarakat yang bepergian.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/17/172930378/mudik-lebaran-2021-tak-dilarang-hb-x-minta-jumlah-hari-libur-dikurangi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke