Salin Artikel

Keraton Yogyakarta Gelar Upacara Adat Penyerahan "Uba Rambe" ke Juru Kunci Merapi

Prosesi ini diawali dengan prosesi serah terima "uba rampe" dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat kepada Juru Kunci Merapi.

Sekitar 09.30 WIB rombongan dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat tiba di Kantor Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kemudian dilanjutkan dengan prosesi serah terima "uba rampe" (perlengkapan) Labuhan Merapi.

Hadir menyerahkan "uba rampe" dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Widyo Bayu Kusumo.

"Di sini upacaranya hanya penyerahaan uba rampe labuhan dari Kraton diserahkan ke Pak Camat, dari Pak Camat diserahkan ke Saya," ujar Juru Kunci Merapi Mas Wedono Suraksohargo Asihono saat ditemui di Kantor Kecamatan Cangkringan, Sleman, Minggu (14/03/2021).

Usai diserahkan, perlengkapan upacara labuhan ini dari Kantor Kecamatan Cangkringan dibawa ke Pendopo Kinahrejo, Desa Umbulharjo.

Menurutnya "uba rampe" labuhan Merapi antara lain ada Sinjang Kawung Kemplang, Semekan Gadung, Semekan Gadung Mlati, Kampuh Paleng, Desthar Daramuluk, Desthar Udaraga dan Arta Tindih.


Sesampainya di Pendopo Kinahrejo, perlengkapan labuhan ini lantas disemayamkan satu malam. Kemudian pada Senin (15/3/2021) pagi dibawa ke Srimanganti.

"Prosesinya tetap sama. Uba rampe disemayamkan satu malam, terus paginya dibawa ke atas di Srimanganti," urainya.

Diungkapkannya karena saat ini masih masa pandemi maka untuk peserta prosesi labuhan Merapi yang ikut ke Srimanganti dibatasi.

Selain itu, pembatasan ini juga karena kondisi aktivitas Gunung Merapi saat ini.

"Dibatasi hanya 30 orang, karena pandemi dan kondisi Merapi juga," bebernya.

Mas Asih berharap semua yang mengikuti prosesi upacara adat labuhan Merapi tetap menjalankan protokol kesehatan, sebab saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

"Harapan saya semua yang mengikuti harus waspada dengan kondisi Merapi dan perlu mematuhi protokol kesehatan," tegasnya.

Dari pengamatan Kompas.com, prosesi serah terima "uba rampe" di Kantor Kecamatan Cangkringan dilaksanakan dengan protokol kesehatan.

Petugas melakukan pengecekan suhu di pintu masuk kantor kecamatan.

Mereka yang hadir juga tampak mengenakan masker. Selain itu kursi -kursi juga ditata dengan diberi jarak.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/14/141048178/keraton-yogyakarta-gelar-upacara-adat-penyerahan-uba-rambe-ke-juru-kunci

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke