Salin Artikel

Guru SMP Dimarahi Perangkat Desa gara-gara Unggah Video Jalan Rusak, Ini Ceritanya

KOMPAS.com - Rekaman video yang memperlihatkan seorang guru di Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dimarahi perangkat desa viral di media sosial.

Guru yang dimarahi perangkat desa tersebut diketahui bernama Eko yang mengajar di SMPN 1 Cijalingan.

Adapun penyebabnya, karena perangkat desa tersebut tersinggung setelah video yang memperlihatkan jalan rusak di desanya viral di media sosial setelah diunggah sang guru.

"Apa maksudnya itu? ini dipostingnya di facebook lagi bukan di status WA, facebook itu sedunia," kata perangkat desa dalam video tersebut.

Saat dikonfirmasi, Eko membenarkan kejadian tersebut. Peristiwa itu terjadi pada Rabu (10/3/2021).

Ia tak menyangka gara-gara videonya itu justru berujung dengan kemarahan oknum aparat Desa Cijalingan.

"Itu foto jalan diupload di Facebook. Pokoknya intinya postingan saya dianggap merugikan, bagi perangkat (desa) mungkin," jelasnya.

Terpisah, Kepala Desa Cijalingan, Didin Jamaludin juga membenarkannya.

Penyebabnya, karena aparat desanya tersinggung dengan video jalan rusak yang diupload guru tersebut di media sosialnya karena dianggap tidak etis.

Saat mendatangi guru tersebut, selain aparat desa juga ada BPD, LPMD, dan Karang Taruna.

"Mungkin menurut rekan-rekan perangkat desa, postingan itu tidak etis dan tidak elok untuk diposting, apalagi oleh seorang guru," jelasnya.

"Harusnya bisa dengan cara meminta klarifikasi atau tabayyun. Ini kan tidak ada. Saya dinamikanya tidak tahu, karena tidak hadir. Adapun sempat terjadi perdebatan, saya yakin itu adalah spontanitas, tidak ada unsur niat atau kesengajaan," sambung Didin.

Berakhir damai

Kasus perangkat desa memarahi guru gara-gara unggah video jalan rusak tersebut berakhir damai.

Camat Cicantayan Kabupaten Sukabumi Sendi Apriadi mengatakan, proses mediasi itu dilakukan di salah satu ruangan hotel di Kecamatan Cicantayan, Jumat (12/3/2021).

Dalam mediasi tersebut kedua belah pihak sepakat untuk saling memaafkan.

"Kades dan guru tersebut sudah membuat penjelasanya kepada semua pihak dan keduanya menganggap persoalan tersebut selesai dan berdamai serta saling memaafkan," ucapnya dilansir dari TribunJabar, Sabtu (13/3/2021).

Sementara itu, Eko membenarkannya. Masalah itu sekarang sudah selesai dan berharap tidak diperpanjang lagi.

"Bagi saya sudah beres. Nanti saya akan berusaha membicarakan dengan (rekan-rekan) biar masalah ini jangan diperpanjang lagi. Sebab yang dipermasalahkan cuma postingan saja bukan yang lain-lain," jelasnya.

Sedangkan Kepala Desa Cijalingan Didin Jamaludin juga meminta maaf kepada masyarakat atas tindakan spontanitas yang dilakukan aparat desanya.

"Alhamdulillah semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari setiap kejadian. Kita tetap jaga kekeluargaan dan persaudaraan," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Posting Jalan Rusak, Pak Guru di Sukabumi Malah Dimarahi sampai Ditunjuk-tunjuk oleh Perangkat Desa

https://regional.kompas.com/read/2021/03/13/122155778/guru-smp-dimarahi-perangkat-desa-gara-gara-unggah-video-jalan-rusak-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke